Home » , , , , , , , » Minum Air Dingin Vs Air Hangat Setelah Olahraga, Lebih Sehat Mana?

Minum Air Dingin Vs Air Hangat Setelah Olahraga, Lebih Sehat Mana?

Written By admin on Minggu, 14 April 2019 | April 14, 2019


harian365.com - Minum Air Dingin Vs Air Hangat Setelah Olahraga, Lebih Sehat Mana? - Sehabis olahraga, tubuh memerlukan rehidrasi. Minum air putih adalah salah satu tutorial mengembalikan hidrasi alias kecukupan cairan tubuh. Lebih sehat minum air hangat alias air dingin?

Perdebatan mengenai faktor ini seolah tak sempat ada habisnya. Meski sama-sama punya kegunaaan untuk mengembalikan cairan tubuh, perbedaan suhu memberbagi efek tak sama di dalam tubuh.

Air Dingin

Bila kalian tetap bakal menlanjutkan olahraga, maka minum dingin punya efek positif. Suhu yang lebih rendah menjaga temperatur inti tubuh tetap terjaga jadi mampu melanjutkan olahraga lebih lama tanpa risiko overheat.

"Air dingin lebih menyegarkan, serta mendinginkan tubuh sedikit lebih baik," kata ahli nutrisi olahraga Nancy Clark semacam dikutip dari WebMD.

Tetapi pada kondisi tertentu, minum air dingin juga mempunyai efek negatif. Bagi yang sedang flu umpama, air dingin cenderung merangsang produksi mukus alias lendir pernapasan. Demikian pula bagi yang punya riwayat migrain, suhu air minum yang tak sesuai dengan suhu tubuh dapat saja menjadi pemicu kekambuhan.


Air Hangat

Sebab lebih mendekat suhu tubuh, air hangat lebih mudah diterima oleh sistem pencernaan. Tubuh tak memberbagi ekstra energi untuk meregulasi suhu, jadi metabolisme lebih tak terpengaruh.

Beberapa orang juga mengklaim air hangat lebih menguntungkan bagi yang mengharapkan detoks racun dari dalam tubuh. Suhunya yang hangat lebih merangsang keluarnya keringat, yang adalah salah satu mekanisme pengeluaran racun sisa metabolisme.

Meski demikian, yang paling dibutuhkan oleh tubuh sehabis olahraga adalah sesegera mungkin menggantikan cairan tubuh yang hilang sebab berkeringat. Beberapa kegunaaan organ bakal terganggu saat tubuh ketidak lebihan cairan. Soal dingin alias hangat, dalam kondisi sehat semacamnya tak ada yang memicu akibat fatal.


Sumber : detikhealth
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger