Home » , , , , , , » Akhir Pekan Liburan ke Gunung? Hati-hati, Ini Pesan Dokter Jantung

Akhir Pekan Liburan ke Gunung? Hati-hati, Ini Pesan Dokter Jantung

Written By admin on Minggu, 14 April 2019 | April 14, 2019


harian365.com - Akhir Pekan Liburan ke Gunung? Hati-hati, Ini Pesan Dokter Jantung -  Liburan merupakan peristiwa yang ditunggu banyak orang. Terkadang memilih tempat liburan tergantung pada tempat wisata apa saja yang ada di sana. Tetapi ada satu faktor yang tak jarang terlupakan, yaitu tempat liburan yang bisa memunculkan penyakit, salah satunya serangan jantung.

Dokter spesialis jantung serta pembuluh darah konsultan kardiologi intervensi RS Pondok Indah, dr Sari Sri Mumpuni, SpJP(K), FIHA berbicara serangan jantung bisa timbul sebab suhu yang ekstrem, misal di tempat yang suhunya sangat panas maupun yang sangat dingin.

"Ekstrem yang panas bisa mengdampakkan berbagai orang jadi dehidrasi, darahnya lebih kental, kemudian ada gangguan elektrolit, maka bisa tak menguntungkan pada pasien dengan kelainan jantung, jadinya gangguan debaran jantung," ujarnya saat ditemui di kawasan Bogor, Jawa Barat.


Cuaca panas yang ekstrem bisa menyebabkan pembuluh darah melebar jadi pada pasien hipertensi terutama bisa mengdampakkan syok.

Sementara pada cuaca dingin yang ekstrem, pembuluh darah bakal sebaliknya menciut yang pada waktu tertentu bisa menambah tekanan darah. Maka dari itu, orang dengan tekanan darah tinggi tak dianjurkan untuk naik ke tempat dengan ketinggian lebih dari 4.000 mdpL.

"Setiap ketinggian meningkat bakal mengdampakkan naik lagi tekanan darahnya. Bisa serangan jantung koroner," tegas dr Sari.


Sumber : detikhealth
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger