Home » , , , , » Inilah Arc de Triomphe dari Martapura

Inilah Arc de Triomphe dari Martapura

Written By admin on Rabu, 27 Maret 2019 | Maret 27, 2019


harian365.com - Inilah Arc de Triomphe dari Martapura - Alun-alun kerap menjadi ikon sebuahkota. Nah, di Kalimantan Selatan juga ada alun-alun yang sehingga kebanggaan warga Martapura, Ratu Zalecha.

Alun-alun sebuahkota di Indonesia mempunyai ciri khas yang beragam dan unik, tak terkecuali Alun-alun Ratu Zalecha di kota Martapura yang menjadi landmark ikonik kota Martapura, Kalimantan Selatan.

Alun-alun Ratu Zalecha Martapura mempunyai luas kurang lebih 1,3 hektar dibuat di eks lahan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ratu Zalecha Martapura, dengan dibekali beberapa fasilitas seperi taman yang ditumbuhi beragam bunga dan pohon dan fasilitas pendukung lainnya.

Berdasarkan fakta sejarah, Ratu Zalecha adalah pahlawan wanita Banjar yang juga adalah cucu pahlawan nasional, Pangeran Antasari, yang meneruskan perjuangan sang kakek dalam mengusir penjajah dari Kalimantan Selatan.

Di alun-alun Ratu Zalecha menjadi pusat kegiatan masyarakat Martapura dalam menyelenggarakan event-event besar.

Alun-alun Ratu Zalecha dihiasi oleh tanaman hias yang sejuk dan indah. Tidak hanya itu tersedia spot gambar hebat favorit wisatawan yang datang, berupa tulisan Martapura berkapasitas besar disertai prasasti intan.

Kota Martapura mempunyai kultur Islam yang sangat kental, tak heran Martapura dikenal juga sebagai kota santri dan serambi Mekkah tidak hanya Aceh. Faktor ini terkesan dari tak sedikitnya tugu-tugu berbentuk kaligrafi Islami yang tersebar di alun-alun Ratu Zalecha.

Tidak jauh dari Alun-alun, tersedia gerbang Bumi Selamat yang menyerupai Arc de Triomphe yang ada di Paris, tetapi yang membedakan, pada gerbang berkapasitas besar ini terlukis aneka kearifan lokal masyarakat Banjar.

Alun-alun Ratu Zalecha cocok bersebelahan dengan pasar batu mulia, Cahaya Bumi Selamat. Tugu pasar Cahaya Bumi Selamat tampak menjulang tinggi dengan megah dari segi lapangan alun-alun.

Tidak hanya wisatawan, tetapi warga lokal pun juga gemar menghabiskan waktu untuk bersantai di taman alun-alun ini pada hari libur alias akhir pekan, sambil berolahraga.


Sumber : detiktravel
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger