Home » , , , , , , , , , , » Biar Tak Tertular Cacing dari Ikan Laut, Ini Saran Ahli Pangan

Biar Tak Tertular Cacing dari Ikan Laut, Ini Saran Ahli Pangan

Written By admin on Jumat, 30 Maret 2018 | Maret 30, 2018


Biar Tak Tertular Cacing dari Ikan Laut, Ini Saran Ahli Pangan - Jakarta - Seusai meperbuat sampling serta pengujian kepada 541 sampel ikan dalam kemasan kaleng yang terdiri dari 66 merek, Badan Pengawas Obat serta Makanan (BPOM) kembali memkabarhukan perkembangan temuan dari isu ikan makarel mengandung parasit cacing. Bakal namun, BPOM menegaskan, sebab temuan cacing telah dalam kondisi mati maka risiko kesehatannya tidaklah berbahaya.

Hampir semua daging dapat punya potensi terpapar parasit cacing, semacam umpama daging qurban alias ikan. Sebabnya, ada sejumlah faktor yang wajib diperhatikan ketika bakal mengonsumsi makan tersebut.

Kepada harianhealth, pakar pangan dari Universitas Sahid Jakarta, Prof dr Hardinsyah, MS, memaparkan bahwa parasit-parasit cacing yang ditemukan di ikan biasanya berasal dari organ pencernaannya ikan.

"Di organ pencernaannya, kan ikan juga punya perut ya. Sehingga diperutkan dibersihin yang bersih, cacingnya ada di perut bukan di dagingnya," kata Prof Hardin yang adalah Ketua Umum PERGIZI PANGAN Indonesia.


Lulusan dari Universitas Queensland ini menegaskan untuk rutin membersihkan ikan hingga sangatlah bersih, pastikan juga ketika memasak wajib dengan suhu serta waktu yang cocok supaya cacing yang ada juga dapat mati.

"Dibersihkan perutnya (ikan) yang baik. Wajib higienis, tampak bersih, serta tak menjiapabilan. Kemudian pastikan tak ada benda-benda asing yang tersedia di dalam potongan ikan-ikan tersebut," tutupnya.

Dikutip dari Center of Disease Control and Prevention (CDC), infeksi cacing parasit Anisakis Sp dari makanan laut dapat dihindari dengan tutorial pemanasan yang cukup. Disarankan, makanan laut dimasak dengan suhu minimal 63 derajat Celcius.


Sumber : harianhealth
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger