Home » , , , , , , , , , » Benci Kecoak? Racun Cacing Berlendir Ini Bisa Jadi Jawabannya

Benci Kecoak? Racun Cacing Berlendir Ini Bisa Jadi Jawabannya

Written By admin on Jumat, 30 Maret 2018 | Maret 30, 2018

Benci Kecoak? Racun Cacing Berlendir Ini Bisa Jadi Jawabannya -  Kecoak tak jarang dianggap sebagai serangga hama yang susah untuk dikendalikan sebab mempunyai daya tahan tinggi serta berkembang biak dengan cepat. Selagi ini pemakaian pestisida tak bisa sembarangan sebab berisiko juga untuk meracuni manusia.



Nah terkait faktor tersebut sekelompok peneliti dari Swedia menemukan spesies cacing dari dasar laut yang bisa dikegunaaankan. Tak jarang disebut sebagai cacing tali sepatu (bootlace worm), Linaeus longissimus diketahui memproduksi lendir yang beracun bagi serangga tetapi tak untuk mamalia.


Menurut peneliti ketika cacing bootlace diganggu ia bakal memproduksi lendir pekat sebagai bentuk pertahanan. Di dalam lendir tersebut ada racun penggangu protein yang memindahkan sodium serta ion pada tubuh serangga serta krustasea.


Pada kecoak, rayap, serta lalat racun cacing dites bisa menyebabkan kelumpuhan hingga kematian. Pada hewan mamalia racun tak memberbagi efek kuat jadi peneliti berkesimpulan relatif aman untuk manusia.

"Peptida toksin ini punya efek sangat kuat pada krustasea serta kecoak oleh sebab itu ada potensi bisa dikegunaaankan sebagai insektisida yang manjur," kata salah satu peneliti Ulf Göransson dari Department of Medicinal Chemistry, Uppsala University.


"Dari aspek pandang riset, lumayan mengasyikan bisa menemukan toksin tipe baru dari hewan yang pada dasarnya belum sempat diteliti," lanjutnya semacam dilansir EurekAlert, Rabu (28/3/2018).


Cacing bootlace sendiri kemungkinan adalah hewan terpanjang yang sempat nasib di bumi dengan perdiksi panjang tubuh bisa hingga 60 meter. Warnanya coklat kehitaman serta lendirnya tidak hanya beracun populer mempunyai aroma tak sedap.



Sumber : harianhelath
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger