Home » , , , , , , » Cuma Transaksi Kartu Kredit di Atas Rp 1 M yang Bakal Diintip Pajak

Cuma Transaksi Kartu Kredit di Atas Rp 1 M yang Bakal Diintip Pajak

Written By admin on Senin, 19 Februari 2018 | Februari 19, 2018


harian365.com - Cuma Transaksi Kartu Kredit di Atas Rp 1 M yang Bakal Diintip Pajak - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) bakal mengintip data para pemakai kartu kredit. Kebijakan tersebut tertuang dalam peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 228/PMK.03/2017 mengenai Rincian dan Info dan Tata Tutorial Penyampaian Data dan Info yang Berkaitan dengan Perpajakan. 

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak Hestu Yoga Saksama menegaskan, bahwa tak semua pemakai kartu kredit bakal diintip datanya. Hanya nasabah yang tagihannya mencapai Rp 1 miliar dalam satu tahun yang dimintakan datanya.

"Kita bakal berbagi treshold (batasan) hanya tagihannya Rp 1 miliar per tahun yang bakal kami minta. Kalau di bawah itu nggak (tidak diintip pajak)," tuturnya di Gedung BEI, Jakarta, Senin (19/2/2018).

Oleh sebab itu, kata Hestu, para pemakai kartu kredit tak butuh khawatir. Dirinya juga memperkirakan hanya kurang lebih 20% dari pemakai kartu kredit yang tagihannya mencapai Rp 1 miliar per tahun.


Pelaporan data pemakai kartu kredit ini juga mulai bakal dimintakan pada April 2019. Sementara untuk datanya tagihannya berdasarkan periode Januari sampai Desember 2018.

"Jadi kelak pelaporannya lumayan 1 tahun sekali tak setiap bulan," tuturnya.

Sejalan dengan itu, Ditjen Pajak juga tengah meperbuat diskusi dengan para penyelenggara kartu kredit semacam perbankan untuk menampung masukan bagaimana tata tutorial pelaporannya. Intinya penyelenggara kartu kredit dan nasabah tak ingin datanya bocor dan disalahgunakan.

"Jadi kami punya waktu 1 tahun untuk mematangkan faktor itu," tutupnya. 


Sumber : harianhot
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger