Home » , , , , , , , , , , » Bakteri Super Baru Jadi Penyebab Wabah Demam Tifoid di Pakistan

Bakteri Super Baru Jadi Penyebab Wabah Demam Tifoid di Pakistan

Written By admin on Kamis, 22 Februari 2018 | Februari 22, 2018


harian365.com - Bakteri Super Baru Jadi Penyebab Wabah Demam Tifoid di Pakistan - ifoid merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella biasanya dari mengonsumsi makanan alias minuman tercemar. Seseorang yang terinfeksi tifoid dapat mengalami gejala mual, demam, sakit perut, sampai kematian bila dibiarkan saja.

Terkait faktor tersebut pada tahun 2017 dilaporkan terjadi wabah tifoid di Pakistan. Dalam kurun waktu 10 bulan media setempat mengabarkan ada lebih dari 800 permasalahan tifoid dengan jumlah korban tentunya belum diketahui.

Akhir-akhir tim perpaduan menemukan bahwa tifoid di Pakistan ini bukan permasalahan biasa. Dipublikasi dalam jurnal mBio, peneliti menemukan bahwa bakteri penyebab wabah tifoid ini nyatanya strain H58 yang kebal obat.

Bakteri tifoid super ini kebal kepada lima antibiotik yang ada. Menurut peneliti ini merupakan permasalahan wabah paling besar yang sempat disebabkan oleh bakteri tifoid kebal obat.


"Ini merupakan yang pertama kalinya kita menyaksikan wabah dari tifoid kebal obat... Penyebabnya merupakan bakteri yang sudah melangkah lebih jauh memperoleh DNA ekstra untuk resistan kepada antibiotik," kata Elizabeth Klemm dari Sanger Institute semacam dikutip dari Reuters, Rabu (21/2/2018).

Bakteri tifoid H58 sendiri pertama kali diidentifikasi timbul kurang lebih 25-30 tahun lalu di daerah Asia Tenggara. Seiring berlangsungnya waktu bakteri ini menyebar di Asia serta Afrika sebelum akhirnya menjadi bakteri dominan di seluruh dunia pada 2015.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Januari 2018 lalu menyetujui pemakaian vaksin tifoid baru untuk menghadapinya.


Sumber : harianhealth
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger