Home » , , , , , , , , , » Tes Universal untuk Deteksi Kanker Kabarnya Sudah di Depan Mata

Tes Universal untuk Deteksi Kanker Kabarnya Sudah di Depan Mata

Written By admin on Sabtu, 20 Januari 2018 | Januari 20, 2018


kababrola365.org - Tes darah biasanya hanya bisa mengamati gangguan pada tubuh yang sifatnya ringan-ringan saja. Tetapi baru-baru ini ditemukan tes universal untuk mendeteksi kanker lho.

Tes darah ini dikembangkan oleh tim peneliti dari Johns Hopkins University, AS. Menurut peneliti, tumor meninggalkan jejak-jejak yang sangat kecil pada DNA yang telah termutasi serta protein yang masuk ke dalam ajaran darah.

Kemudian tes darah ini bisa melacak jejak-jejak itu untuk memastikan ada tidaknya mutasi genetik yang mengindikasikan adanya kanker.

Peneliti mengklaim sejauh ini metode tersebut telah sukses mendeteksi delapan tipe kanker seusai diujicobakan pada 1.005 pasien kanker ovarium, liver, perut, pankreas, kerongkongan, usus, paru-paru alias payudara yang keadaannya rata-rata belum metastatis alias menyebar ke jaringan lain.

Secara mengejutkan, tingkat akurasi tes yang disebut The Cancer Seek ini mencapai 70 persen.

"Deteksi dini seperti ini benar-benar penting serta menonton hasilnya, kita sangat terlihat. Saya kira ini bakal memberbagi akibat yang menarik pada tingkat keberjalanan nasib pada pasien kanker," kata peneliti, Dr Cristian Tomasetti seperti dilaporkan BBC.

Tomasetti meningkatkankan, tes ini diinginkan bisa menjawab sejumlah persoalan seperti lima dari delapan tipe kanker yang tak mempunyai program skrining untuk deteksi dini.

Contoh persoalan lainnya merupakan pada kanker pankreas. Kanker ini tak menunjukan tak sedikit gejala serta tak jarangkali telat ketika telah terdeteksi sampai 4 dari 5 pasien meninggal tiap tahunnya ketika terdiagnosis.


Untuk saat ini, Tomasetti berbicara The Cancer Seek tengah diujicobakan pada orang-orang yang belum terdiagnosis kanker. Peneliti berharap tes ini bisa melengkapi metode skrining lain seperti mammogram untuk kanker payudara serta colonoscopy untuk kanker kolorektal.

"Harapannya tes darah ini bisa dipakai sekali dalam setahun," imbuh Tomasetti.

Bila telah siap, anggaran prosedur tes darah ini rencananya bakal dipatok tak lebih dari 500 dollar AS (berkisar Rp 6,5 juta) alias hampir sama dengan anggaran colonoscopy.



Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger