Home » , , , , , , , » Jejak Tin: Digeledah KPK, Buang Duit ke WC, Jadi Staf Ahli Menteri

Jejak Tin: Digeledah KPK, Buang Duit ke WC, Jadi Staf Ahli Menteri

Written By admin on Minggu, 10 Desember 2017 | Desember 10, 2017


harian365.com - Tin Zuraida diangkat menjadi staf pakar Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara serta Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) bidang politik serta hukum. Tin adalah pejabat Mahkamah Agung (MA) yang telah lama malang melintang di dunia yudikatif. Lalu bagaimana rekam jejaknya di dunia peradilan?

Tin adalah istri mantan Sekretaris MA Nurhadi yang mundur dampak ia kerap berkali-kali diperiksa KPK. Berikut rekam jejak Tin yang dirangkum harianhot, Minggu (10/12/2017):

Maret 2014
Nurhadi-Tin menggelar pernikahan anaknya dengan super mewah di Hotel Mulia. Penyanyi nasional serta orkestra kenamaan ikut menyemarakkan pesta yang dihadiri 2.500 undangan. Tamu undangan yang datang dilarang memberbagi amplop uang serta pulangnya mereka diberi suvenir iPod.

Akhir Maret 2014
KPK memutuskan iPod tersebut adalah gratifikasi serta PNS/pejabat negara yang menerima harus mengembalikan ke negara via KPK.

April 2014
Sebagian tamu undangan mengembalikan iPod tersebut ke KPK, tergolong berbagai hakim.

30 Juni 2015
Nurhadi memerintahkan terhadap PNS di lingkungan MA membikin LHKPN serta Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil (LHKASN). Bagaimana dengan Nurhadi-Tin? Mereka baru membikin LHKPN usai mereka diperiksa KPK, setahun seusainya.

April 2016
KPK meringkus Panitera PN Jakpus Edy Nasution sebab menerima suap dari pengusaha Doddy untuk mengurus perkara PK. Dari OTT itu, KPK kemudian menggeledah rumah Nurhadi di kawasan elite Kebayoran Baru.


Penyidik KPK tiba di rumah mewah Nurhadi kurang lebih pukul 06.30 WIB. Saat itu, penyidik harus menantikan berbagai saat untuk dapat masuk ke rumah mewah berkapasitas besar itu. Seusai dapat masuk, tim langsung berpencar menggeledah semua ruangan di rumah Nurhadi, tergolong kamar serta kamar mandi. Keluarga itu panik bukan main saat penyidik KPK meperbuat penggeledahan.

Tin kaget serta segera merobek arsip serta membuang uang asing ke toilet dengan kualitas Rp 1,7 miliar. Duit yang disita KPK dari rumah Nurhadi terdiri dari:

1. USD 37.603 alias kurang lebih Rp 496 juta.
2. SGD 85.800 alias kurang lebih Rp 837 juta.
3. 170 ribu Yen alias kurang lebih Rp 20,244 juta.
4. 7.501 Riyal alias kurang lebih Rp 26,433 juta.
5. EUR 1.335 alias kurang lebih Rp 19,912 juta
6. Rp 354.300.000.

1 Juni 2016
Tin diperiksa KPK terkait penggeledahan rumahnya. Tin keluar dari gedung pemeriksaan kurang lebih pukul 20.40 WIB. Saat keluar, dirinya bersama seorang wanita serta seorang pria tampak duduk terlebih dahulu di kursi ruang tunggu.


Usai duduk selagi 5 menit, Tin yang kali ini mengenakan semakinan batik berwarna cokelat ini langsung mengenakan cardigan berwarna khaki serta buru-buru keluar dari gedung KPK. Dikawal berbagai orang pria, wanita berambut cokelat tersebut langsung berlangsung cepat menuju mobilnya sambil menundukkan wajah.

15 Juni 2016
Nurhadi diperiksa KPK serta saat meninggalkan gedung KPK, ia membantah uang yang ada di toiletnya terkait permasalahan korupsi.

"Uang pribadi. Telah saya klarifikasi itu, iya, telah saya klarifikasi," ujar Nurhadi.

1 Juli 2016
Ketua MA menyebutkan lembaganya tak ada persoalan.

"Gonjang-ganjing MA kami masih bekerja dengan baik, tak terpengaruh, yang penting bukan sistem yang salah. Kalau sistem yang salah, itu butuh kami pertanggungjawabkan," kata Ketua MA Hatta Ali.

1 Agustus 2016
Nurhadi mundur dari Sekretaris MA serta pensiun dini.

Agustus 2017
MA memperberat hukuman Edy Nasution dari 5,5 tahun penjara menjadi 8 tahun penjara. Faktor yang memperberat yaitu Edy memang menerima uang suap Rp 1,5 miliar dari bos Paramount Enterprise yang adalah anak perusahaan dalam lingkup Lippo Group, Eddy Sindoro. Uang itu rencananya bakal dipakai Nurhadi untuk kebutuhan lomba tenis para hakim.

... - 2017
Tin menjabat Kapusdiklat Manajemen serta Kepemimpinan Tin Zuraida.


Desember 2017
Dilantik menjadi staf pakar Menpan RB bidang politik serta hukum. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger