Home » , , , , , , , , , » Gangguan Denyut Jantung Hantui Para Atlet Triathlon

Gangguan Denyut Jantung Hantui Para Atlet Triathlon

Written By admin on Minggu, 10 Desember 2017 | Desember 10, 2017


harhian365.com - Triathlon, kontes olahraga yang menggabungkan lari, berenang, serta bersepada dalam satu perlombaan dikualitas mempunyai akibat kurang baik bagi jantung. Faktor ini berdasarkan penelitian yang diperbuat oleh ilmuwan asal Inggris.

Profesor Mark Boyett dari British Heart Foundation menemukan bahwa para atlet triathlon rentan mengalami aritmia, yakni gangguan denyut jantung yang menyebabkan jantung berdenyut tak beraturan. Walau cenderung tak berbahaya, apabila tak ditangani maka gangguan ini bisa menyebabkan serangan jantung.

Gangguan denyut jantung tersebut bisa berupa denyut menjadi lebih cepat ataupun menjadi lebih lambat. Penelitian yang diperbuat British Heart Foundation menemukan bahwa denyut jantung seusai berolahraga dalam waktu lama dengan intensitas berat cenderung mengalami gangguan. 

Hal ini dikarenakan oleh adanya perubahan molekul pada jantung yang membikin detak jantung cenderung menjadi lebih lambat. Biasanya, denyut jantung orang dewasa normal merupakan 60-100 denyut per menit.


Tetapi pada atlit triathlon serta maraton, diketahui bahwa denyut jantung mereka ketika istirahat ada di angka 30 per menit. Terus tua usia atlet, terus rendah pula denyut jantungnya.

Meski begitu, Prof Boyett berbicara bahwa penelitiannya tak menyebut atlet berumur tua tak boleh meperbuat triathlon alias marathon. Menurutnya, pemasangan alat pacu jantung yang bermanfaat baik bisa membikin risiko gangguan denyut jantung bertidak lebih.

"Tidak ada yang butuh dikhawatirkan. Para atlet hanya butuh diberbagi alat pesuruh denyut jantung supaya jantung mereka sehat. Yang bisa dipastikan merupakan tubuh mereka pastinya masih dalam keadaan sehat serta bugar," ujarnya dikutip dari BBC.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger