Home » , , , , , , , , , , » Istana Negara Berukuran Mini, Ada di Banda Neira

Istana Negara Berukuran Mini, Ada di Banda Neira

Written By admin on Rabu, 01 November 2017 | November 01, 2017


harian365.com - Di Banda Neira ada bangunan yang sangat mirip dengan Istana Negara di Bogor. Nama bangunan ini Istana Mini.

Di Banda Neira bangunan ini dikenal sebagai Istana Mini. Coba deh traveler perhatikan lebih akurat, bangunan ini menyerupai Istana Negara yang berada di Bogor kan?

Dikunjungi hariantravel berbagai waktu lalu, Istana Mini bisa traveler temukan di Desa Dwiwarna, Pulau Banda Neira, Maluku Tengah. Bangunan ini sangat mirip dengan Istana Negara di Bogor, tetapi ukurannya lebih kecil. Sebab itu disebut sebagai Istana Mini.


Istana Mini ini dibuat pada tahun 1622. Dulunya bangunan ini dipakai Belanda sebagai kantor administrasi pemerintahan dan kediaman resmi gubernur dan residen yang memerintah di Banda. Gedung ini sempat dipakai Jan Pieter San Coen yang ditugaskan Kerajaan Belanda untuk mengatur dan mengurusi perdagangan di Kepulauan Banda.

Saat hariantravel berkunjung ke Istana Mini, tak terkesan apa-apa, hanya ruangan kosong, dan suatu  celah. Celah ini merupakan bekas meriam yang dari perperangan merebut Banda. Celah bekas meriam ini ditutupi kaca dan bisa dilihat dengan jelas.


Menelusuri Istana Mini, traveler terpaku pada suatu  jendela. Di kaca jendela tersebut tersedia tulisan yang diukir pada tahun 1831. Wow! Faktor ini membuktikan bahwa Istana Mini lebih dahulu dibuat dibandingkan dengan Istana Negara yang berada di Bogor.


Istana Mini terletak tak jauh dari bibir pantai. Sehingga pemandangan dari jendela istana langsung menatap lautan. Di samping Istana Mini, traveler bisa menemukan Rumah Gubernur VOC. Di rumah inilah gubernur VOC dahulunya menetap dan mengurusi monopoli perdagangan rempah di Banda.





Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger