Home » , , , , , , , , , » Masyarakat Tumpah Ruah Melihat Tradisi Nadran Gunung Jati

Masyarakat Tumpah Ruah Melihat Tradisi Nadran Gunung Jati

Written By admin on Sabtu, 14 Oktober 2017 | Oktober 14, 2017


harian365.com - Ribuan masyarakat Cirebon tumpah ruah di sepanjang Jalan Raya Kecamatan Gunung Jati sampai Bunderan Krucuk, Kota Cirebon. Mereka menyaksikan arak-arakan Nadran Gunung Jati.

Arak-arakan itu menampilkan puluhan ogoh-ogoh kreasi masyarakat Kecamatan Gunung Jati. Tidak hanya itu, Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra pun diarak bak raja dari keraton yang dikawal puluhan prajurit.


Arak-arakan Nadran Gunung Jati dimulai pukul 13.00 WIB sampai 17.00 WIB, Sabtu (14/10/2017). Rutenya dari Komplek Makam Sunan Gunung Jati kemudian putar balik di Bunderan Krucuk serta kembali menuju Komplek Makam Sunan Gunung Jati

Arak-arakan Nadran Gunung Jati adalah tradisi tahunan. Inilah ungkapan rasa syukur para petani serta nelayan setempat atas rezeki yang diberbagi Tuhan.


Iwan Nurfazri (26) warga Desa Klayan, Kecamatan Gunung Jati mengaku selalu menyaksikan arak-arakan Nadran Gunung Jati setiap tahunnya. Ogoh-ogoh yang diarak mengajak masyarakat untuk melihat. Tidak hanya itu, ada Tradisi Surak yang diperbuat para pejabat Pemda Cirebon. 

"Iya ada yang suraknya, cukup duitnya kan buat jajan. Ogoh-ogohnya juga keren, serta kebetulan rumah saya dekat dengan jalur yang dilintasi arak-arakan," kata Iwan. 


Ditempat yang sama, Kapolresta Cirebon, AKBP Adi Vivid Agustiadi Bachtiar memberperbuat rekayasa lalu lintas serta meminta maaf terhadap para pengendara di jalur tersebut. Pasalnya, polisi menutup jalan masuk menuju arah Indramayu untuk sementara.

"Untuk sementara jalan masuk menuju Indramayu kami tutup, dari jam 13.00 WIB sampai habis Isya. Ini demi kelancaran arak-arakan. Tadi pagi kami juga telah apel pengamanan," katanya.


Dikatakan Adi Vivid, setidak sedikit 200 personel perpaduan ia kerahkan untuk mengamankan jalannya tradisi tahunan di Cirebon itu. Pihaknya mengaku telah berkordinasi dengan Polres Indramayu terkait rekayasa lalulintas. 

"Dari pertigaan Krucuk itu, kami arahkan belok kanan ke arah Kedawung serta Tengah Tani. Kami juga telah berkoordinasi dengan Indramayu untuk pengalihan arus ini," tandasnya. 




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger