Home » , , , , , , , , , , » Begini Cara Tepat Cek Nadi untuk Deteksi Risiko Stroke

Begini Cara Tepat Cek Nadi untuk Deteksi Risiko Stroke

Written By admin on Rabu, 11 Oktober 2017 | Oktober 11, 2017


harian365.com - Apa sih MENARI? Meraba Nadi Sendiri adalah salah satu salah satu tutorial mudah untuk mengetahuii Fibrilasi Atrium (FA) yang bisa menyebabkan kelumpuhan. FA itu adalah kelainan irama jantung berupa detak jantung yang tak normal.

Dengan perbuat MENARI dengan cara selalu bisa mencegah terjadinya risiko terkena stroke dampak FA. Sebab berdasarkan data dari Stoke as The First Manifestation of Atrial Firbillation tahun 2016, 40 persen stroke dikarenakan FA.

Guru Besar Ilmu Kardiologi serta Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Dr dr Yoga Yuniadi, SpJP(K), FIHA, FasCC membahas bagaimana semua orang dengan mudah meraba nadi serta mendeteksi adanya FA.

"Cara deteksinya pegang pergelangan tangan, di jempol kan ada arteri radialis. Pegang dengan dua jari alias tiga jari. Dipegang jangan terlalu ditekan, hingga terasa denyutnya," ujarnya sambil memeragakan di depan awak media dalam Press Conference Raba nadi, kenali Fibrilasi Atrium (FA), hindari kelumpuhan! di Rumah Sakit Jantung serta Pembuluh Darah Andalan Kita, Rabu (11/10/2017).


Seusai merasakan denyut nadi, hitunglah denyutannya selagi satu menit. Bagi orang yang sehat, denyut nadi normal dalam satu menit adalah kurang lebih 60-100 denyutan.

"Tapi 100 saja telah banyak sih. Orang yang sehat bugar biasanya antara 60-95," imbuh Prof Yoga.

Tidak hanya menghitung, kami juga wajib memantau pola irama dari denyut nadi tersebut. Apabila iramanya normal, tak meningkat alias menurun, itu bisa dikatakan bahwa tak ada indikasi terkena FA.

"Kalau dirinya FA, iramanya irregular alias tak teratur. Kadang-kadang cepat, kadang berhenti, kadang semacam ditumbuk," jelasnya.

Ketika ditemukan irama denyut nadi yang tak normal semacam itu, Prof Yoga mengusulkan untuk segera meperbuat pemeriksaan dengan dokter.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger