Home » , , , , , , , , , » Terapi Hormon pada Pasien Kanker Prostat Berkaitan dengan Penyakit Jantung

Terapi Hormon pada Pasien Kanker Prostat Berkaitan dengan Penyakit Jantung

Written By admin on Selasa, 05 September 2017 | September 05, 2017


harian365.com - Kanker prostat bisa terjadi pada pria mana saja serta ada tak sedikit tutorial untuk menanggulangi penyakit ini, salah satunya dengan terapi hormon. Tetapi, studi baru-baru ini menyatakan bahwa terapi hormon berkaitan dengan penyakit jantung.

Studi yang diterbitkan di British Journal of Cancer ini melibatkan 7.637 partisipan pria dari California. Partisipan tersebut adalah pria yang didiagnosis kanker prostat dari tahun 1998 hingga 2008.

Reina Haque, selaku ketua peneliti dari Kaiser Permanente di Pasadena, California ini berbicara bahwa studi ini memfokuskan pada terapi hormon yang dikenal dengan nama androgen deprivation therapy (ADT). Terapi ini diperbuat dengan menghapus sel kanker prostat dari hormon seks pria.

"Ada kurang lebih 30 peren pria yang meperbuat ADT ini untuk mendorong penyembuhannya," ujar Haque dikutip adari New York Times.


Hasilnya, pria yang tak mempunyai penyakit kardiovaskular serta meperbuat ADT mempunyai peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 81 persen dibandingkan pria yang tak meperbuat ADT. Tidak hanya itu, mereka juga mempunyai sedikit peningkatan risiko gangguan irama jantung.

"Sedangkan pria yang mempunyai penyakit kardiovaskular juga berisiko tinggi mengalami gangguan irama serta ajaran jantung dibandingan pasien yang tak meperbuat terapi tersebut," imbuhnya.

Haque pun mengingatkan bahwa hasil studi ini sangat penting bagi pasien prostat yang mempunyai hal risiko penyakit jantung. Karena dengan begitu pasien bisa mengenal terapi apa yang bakal diperbuatnya.

"Hasil studi ini bisa membikin orang berpikir mengenai apakan ADT bisa menjadi perawatan yang wajib dipakai alias tidak," pungkasnya.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger