Home » , , , , , , , , , , , , » Spesies Jamur Truffle Putih Ditemukan di Asia Tenggara, Ini Lokasinya

Spesies Jamur Truffle Putih Ditemukan di Asia Tenggara, Ini Lokasinya

Written By admin on Selasa, 12 September 2017 | September 12, 2017


harian365.com - Penyuka jamur truffle mungkin bakal bertersanjung dengan temuan peneliti ini. Beritanya ada dua spesies baru truffle ditemukan di wilayah Asia Tenggara.

Dua tipe truffle ditemukan di Thailand. Ilmuwan menyebut temuan tersebut sehingga yang pertama di Asia Tenggara, lapor AFP (12/9).

Peneliti Chiang Mai University pada Kamis lalu mengidentifikasi dua spesies truffle. Mereka memastikan bahwa tuber magnatum, spesies serupa dengan yang paling dicari di Italia seusai truffle putih, ditemukan di taman nasional kurang lebih Gunung Suthep, barat laut Thailand.


Kami memastikan bahwa ini adalah truffle, baik dari DNA serta desain fisiknya," ucap Jaturong Khamla, salah satu peneliti, terhadap AFP seusai publikasi makalahnya.

Spesies pertama, truffle berwarna putih, sempat ditemukan tahun 2014 serta diberi nama tuber thailanddicum. Sementara yang kedua punya warna cokelat dibagian luar tapi putih di dalamnya. Ditemukan tahun 2015, truffle diberi nama tuber lannaense.

Tahun ini, peneliti menemukan tipe truffle putih lain. Melewati tes DNA, terbukti kalau truffle adalah spesies tuber magnatum yang telah dikenal.


Temuan truffle pastinya hebat perhatian foodies di Thailand. Tapi Jaturong meningkatkankan bahwa timnya lebih mementingkan kepastian apakah truffle adalah spesies baru, dibandingkan rasanya.

"Truffle putih (thailanddicum) mirip dengan truffle putih Italia tapi aromanya ringan serta ukuran lebih kecil," tambah Jaturong.

Jaturong serta timnya terbukti fokus pada penelitian jamur. Mereka telah menemukan kurang lebih 60 tipe spesies jamur baru dalam 18 tahun terbaru.


Tetapi ini pertama kalinya mereka mengidentifikasi truffle. "Ini adalah truffle pertama yang ditemukan di iklim tropis," sebut siaran pers tentang temuan tersebut.

Daerah pegunungan Thailand tahap utara tak jarang mengalami cuaca sejuk serta lebih basah daripada panas tropis yang dialami banyak wilayah lain. Kondisi itu lebih sesuai untuk pertumbuhan truffle.




Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger