Home » , , , , , , , , , , » Sama Pentingnya dengan Pemanasan, Pendinginan Wajib Dilakukan Usai Olahraga

Sama Pentingnya dengan Pemanasan, Pendinginan Wajib Dilakukan Usai Olahraga

Written By admin on Sabtu, 02 September 2017 | September 02, 2017


harian365.com - Berolahraga penting diperbuat setiap orang. Tetapi bukan hanya sekadar bergerak sebab berolahraga diperbuat dengan berbagai aturan, umpama meperbuat pendinginan usai berolahraga.

"Kalau menyebut olahraga ada yang namanya pemanasan serta pendinginan. Kedua faktor itu penting diperbuat," kata dr Ghuna Arioharjo Utoyo, SpOT saat dihubungi harianhealth baru-baru ini.

Lebih lanjut, dr Ghuna berbicara bahwa pendinginan ada beramacam-macam jenisnya. Ia pun memberi contoh pada pemain sepak bola, pendinginan biasa diperbuat dengan memberbagi kompres es pada kaki sang pemain.

"Pendinginan itu diperbuat supaya bisa gerakan lebih santai. Sehingga mengistirahatkan sendi alias urat yang telah digunakan," sambung dokter yang praktik di RS Hasan Sadikin Bandung ini.

Selain itu, pada dasarnya pendinginan bisa diperbuat dengan hanya beristirahat. Dengan begitu sendi serta urat dikatakannya bakal lebih rileks.

Sementara itu, menurut Dr Ross Tucker, fisiologis sekaligus pendiri website The Science of Sport, pendinginan sejatinya tak mempunyai tak sedikit kegunaaan. Orang-orang tetap meperbuatnya sebab dogma yang salah dari atlet serta pelatih olahraga.


"Pendinginan disebut bisa mengurangi risiko nyeri serta pegal sebab menolong kaki mengeluarkan asam laktat yang ada di otot. Padahal kami tahu, pegal serta nyeri timbul bukan sebab adanya asam laktat di dalam otot," tutur Dr Tucker, dikutip dari NY Times.

Asam laktat adalah hasil produksi metabolisme karbohidrat tanpa memakai oksigen. Biasanya asam laktat diproduksi di sel otot saat suplai oksigen tak lumayan untuk menunjang produksi energi, semacam saat sedang berolahraga berat.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger