Home » , , , , , , , , , , , , » Parah! Viral Foto Kuda Laut Bawa Sampah Cotton Bud di Laut Sumbawa

Parah! Viral Foto Kuda Laut Bawa Sampah Cotton Bud di Laut Sumbawa

Written By admin on Jumat, 15 September 2017 | September 15, 2017


harian365.com - Gambar kuda laut di laut Sumbawa ini viral di media sosial. Bukan sebab bagus, namun sebab kuda laut ini mengangkat sampah cotton bud di ekornya.

Secara alami, fauna mini semacam kuda laut nasib di kurang lebih terumbu karang. Tahap ekornya biasanya dililitkan di karang alias rumput laut. Ini diperbuat supaya kuda laut masih stabil berada di posisinya serta tak terombang ambing sebab terbawa arus laut alias ombak.

Namun menonton gambar yang diberikan oleh akun Instagram Sea Legacy, suatu  organisasi yang bergerak di bidang konservasi laut, begitu membikin hati pedih. Alih-alih melilitkan ekor pada karang alias rumput laut, kuda laut satu ini melilitkan ekornya pada sebatang sampah cotton bud.

Dilihat hariantravel dari Instagram, Jumat (15/9/2017), gambar menyedihkan ini direpost Sea Legacy dari akun Justin Hofman, salah satu aktivisnya. Gambar ini langsung sehingga viral di sosmed sejak pertama kali diberikan 2 hari yang lalu. Hingga saat ini, gambar tersebut telah disukai hingga 40 ribu kali serta dikomentari 1.922 traveler.


Dalam gambar tersebut, Justin Hofman menyebut gambar ini sangatlah membikin frustasi serta kecewa. Peluang langka untuk mengawetkan gambar kuda laut di lautan Sumbawa, berubah sehingga rasa iba sebab sampah cotton bud yang dibawa di ekor sang kuda.

"Kuda laut ini amblas terombang ambing bersama sampah (cotton bud -red) yang dibawa arus laut sepanjang Kepulauan Indonesia. Gambar ini merupakan alegori dari kondisi lautan kami kini serta nanti. Masa depan apa yang kami ciptakan? Bagaimana aksimu untuk planet ini?," tulis Justin di keterangan gambarnya.

Saat dikonfirmasi hariantravel, Justin membenarkan bahwa lokasi gambar ini diambil berada di lautan Sumbawa, NTB.

"Ya, benar," jawab Justin lewat pesan singkat saat ditanya apakah gambar kuda laut tersebut diambil di Sumbawa.

Lebih lanjut, Justin membahas bahwa lokasi diambilnya gambar ini berada di kurang lebih Sumbawa Besar. Justin mengambil gambar kuda laut ini saat sedang snorkeling bersama temannya bernama Richard White.

"Saya tak tahu persis nama kotanya apa, tapi gambar ini diambil di dekat Pantai Kencana serta Gemba di Sumbawa. Kuda laut ini saya temukan di permukaan laut," jelas Justin.

Saat itu, Justin mengaku menonton tak sedikit sampah yang terbawa arus hingga hingga ke lautan lepas. Sampah-sampah ini menurut Justin berasal dari desa setempat.


"Pemandangan ini biasa, hampir di seluruh wilayah Indonesia. Dimana ada arus laut yang kuat, sampah dari pedesaan setempat bakal terkumpul. Ikan serta fauna lainnya juga suka nasib di perairan dengan arus kuat sebab ada tak sedikit makanan. Jadi, tak sedikit sampah, terumbu karang, serta hewan-hewan laut berkumpul di satu tempat sebab satu argumen yang sama: arus laut," ungkap Justin.

Gambar yang diambil Justin ini semacam sehingga ironi tersendiri. Indonesia yang lautnya sangat kaya, serta alam bawah lautnya sangat indah, rupanya belum terbebas dari persoalan sampah. Hingga kapan ini bakal semakin terjadi?





Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger