Home » , , , , , » Menlu Retno Bertemu Menlu Kosta Rika Bahas Perdagangan dan Energi

Menlu Retno Bertemu Menlu Kosta Rika Bahas Perdagangan dan Energi

Written By admin on Minggu, 03 September 2017 | September 03, 2017


harian365.com - Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Kosta Rika Manuel Gonzalez Sanz kali ini. Kunjungan tersebut untuk mengulas beberapa upaya penguatan hubungan bilateral kedua negara.

"Ini kunjungan yang pertama bagi Menlu Kosta Rika. Kedatangan Menlu Kosta Rika dengan cara resmi membuka Kedubes Kosta Rika di Jakarta," kata Retno di Kemenlu, Jalan Pejambon, Jakarta, Minggu (3/9/2017).

Dalam pertemuan tersebut dibahas kerja sama di bidang energi baru. Pemerintah Kosta Rika memperkenalkan pelatihan pekegunaaanan energi air dan panas bumi terhadap Indonesia. Faktor itu guna mendukung program Presiden Jokowi dalam memenuhi sasaran pengembangan kapasitas listips nasional sebesar 35.000 MW.

Tren positif dalam perdagangan kedua negara juga disepakati. Kualitas perdagangan kedua negara meningkat hampir dua kali lipat pada tahun 2016 yakni USD 59,6 juta dibandingkan tahun 2015 sebesar USD 30,2 juta.

"Kita mengulas priotitas kerjasama antara lain bidang perdagangan. Kami catat kenaikan menarik pada tahun 2016. Tren ini memicu semakin menambah hubungan perdagangan kedua belah pihak," ucap Retno.


Retno juga memberi tau keberminatan industri strategis Indonesia yaitu PT INKA untuk berperan dalam proyek kereta api di Kosta Rika. Proyek tersebut yang menghubungkan samudera pasifik dan atlantik dan proyek kereta api bandara di San Jose.

"Soal pembangunan infrastruktur oleh Kosta Rika tergolong rail network dan Indonesia memperkenalkan PT INKA," kata Retno.

Beberapa isu lain juga dibahas dalam pertemuan tersebut, tergolong perubahan iklim dan butuhcutan senjata nuklir. 

Kedatangan Menlu Kosta Rika untuk meresmikan Kedutaan Besar Kosta Rika di Jakarta dan meperbuat pertemuan dengan Sekjen Asean H.E. Le Luong Minh. Kedutaan Besar Kosta Rika adalah perwakilan diplomatik ke-104 dan perwakilan ke-12 negara Amerika Latin di Jakarta. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger