Home » , , , , , , , , , , » Kuda Kelelahan Tetap Dicambuk, JAAN: Jangan Anggap Sebagai Robot

Kuda Kelelahan Tetap Dicambuk, JAAN: Jangan Anggap Sebagai Robot

Written By admin on Sabtu, 02 September 2017 | September 02, 2017


harian365.com - Pemerhati fauna dari Jakarta Animal Aid Network (JAAN) menyayangkan perbuatan kusir delman yang masih mencambuk kuda walau kelelahan serta terjatuh yang videonya viral. JAAN meminta jangan samakan kuda dengan robot.

"Yang pelaing penting merupakan mengedukasi si pemilik kuda, jangan berpendapat kuda sebagai robot," kata Ketua JAAN, Benfica berbicara saat dihubungi harianhot, Jumat (1/9/2017).

Menurut Benfica, pemerintah terkait wajib membenahi manajemen delman. Delman alias andong tidak dihentikan sebab kuda sejak jaman dahulu telah sehingga sarana transportasi. 

Sebab itu, yang butuh diperbuat pemerintah alias dinas-dinas terkait merupakan mengedukasi kusir-kusir delman. Terbukti, menyiksa fauna dapat terancam Pasal 302 KUHP mengenai Perlindungan Hewan. Tetapi ketidaktahuan kusir soal menangani kuda juga tidak dapat dinafikan begitu saja.

"Sebetulnya dapat dikenakan 302 KUHP mengenai satwa. Cuma kan terbukti perpersoalanannya mungkin ketidaktahuan bagaimana tutorial membangunkan kuda saat keleahaan sampai akhirnya dirinya jatuh, alias gimana tutorial menangani kuda sakit," ucapnya.

Sebab, lanjut Benfica, tidak sedikit dari kusir-kusir delam yang hanya memakai saja tanpa menonton stamina serta kesehatan kuda tersebut. "Ini kan sewajibnya mereka ini diberi satu edukasi alias manajemen ya," tuturnya.


Video berdurasi kurang lebih 1 menit itu menunjukan seekor kuda yang hebat delman di jalan yang sempit. Dirinya terkapar di jalan sebab kelelahan

Meski demikian, seorang pria masih hebat serta mencambuk kuda tersebut berkali-kali. Pria lain yang tidak terkesan di kamera memperingatkan bahwa kuda itu telah lelah. 

Peringatan tersebut dihiraukan. Ada pula yang ingin memberi minum ke kuda itu tetapi dilarang. Sekelompok pria lain lalu masih hebat si kuda sampai berdiri. Momen ini disebut terjadi di Depok. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger