Home » , , , , , , , , » KPK Ancam Pansus Hak Angket dengan Pasal Tipikor, Formappi: Itu Sah

KPK Ancam Pansus Hak Angket dengan Pasal Tipikor, Formappi: Itu Sah

Written By admin on Minggu, 03 September 2017 | September 03, 2017


harian365.com - KPK berencana melawan Pansus Hak Angket KPK dengan pasal Tipikor sebab menghalangi penyidikan. Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mendukung langkah KPK tersebut.

"Upaya ini sah untuk diperbuat sebab Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 mengenai Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi telah mengaturnya. KPK butuh meperbuat proses hukum sesuai perintah UU Nomor 20 Tahun 2001 supaya pekerjaan mereka justru tak bakal direcoki dengan proses politik yang berjalan di Pansus Angket KPK," kata peneliti Formappi Lucius Karus terhadap harianhot, Sabtu (2/9/2017).

Lucius mendukung perbuatan KPK tersebut sebab sekarang Pansus Hak Angket telah sangat mengkhawatirkan. Dirinya berpendapat dibawanya Dirdik KPK ke Pansus Hak Angket adalah pembunuhan karakter bagi KPK.


"Perkembangan kerja Pansus Angket KPK terbukti terus mengkhawatirkan. Upaya pemberantasan korupsi terutama yang diperbuat oleh KPK. Apa yang nampak dari aksi Pansus adalah upaya yang tiada henti untuk membunuh karakter KPK melewati pengungkapan sejumlah info negatif mengenai KPK," jelasnya.

Lucius meminta supaya DPR segera menghentikan upaya pelemahan terhadap KPK. Dirinya menyebut apa yang diperbuat Pansus Angket KPK ke DPR adalah bentuk menghalangi penindakan hukum.


Salah satu tutorial memperkuat KPK justru adalah dengan membiarkan KPK bekerja sesuai dengan UU yang dihasilkan oleh DPR. Apabila DPR mengritik KPK sebab upaya hukum yang diperbuat KPK melewati pemakaian Pasal Obstruction of Justice, maka terus terang sesungguhnya bahwa langkah politik Pansus KPK sesungguhnya terbukti ingin menghambat penegakan hukum oleh KPk," pungkasnya.

Sebelumnya, Agus berbicara tetap menantikan hasil putusan MK soal keabsahan hak angket DPR. Dirinya menyebut KPK dapat mempidanakan anak buah Pansus Angket KPK dengan pasal tindak pidana korupsi.

"Kemudian kami sedang mempertimbangkan, umpama kalau begini terus, (pasal) obstructions of justice (merintangi penyidikan) kan dapat kami terapkan. Sebab kami sedang menangani permasalahan yang besar rutin dihambat," papar Agus, Kamis (31/8). 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger