Home » , , , , , , , , , , , » Jika Katarak Terlambat Ditangani, Apakah Berisiko Buta Permanen?

Jika Katarak Terlambat Ditangani, Apakah Berisiko Buta Permanen?

Written By admin on Rabu, 13 September 2017 | September 13, 2017


harian365.com - Bayi Asri Welas, Rayyan Gibran Ridharaharja alias Ibran yang lahir pada 12 April 2017 lalu telah diperbuat operasi pada kedua bola matanya yang terkena katarak tersebut. Faktor itu diungkapkan Asri lewat Instagramnya.

"Kali ini Mas Ibran usianya 5 bulan tak lebih satu hari, gambar ini diambil ketika mas Ibran tetap 3 bulan serta alhamdulilah telah menjalani operasi mata yang kanan serta berlangsung dengan baik," tulis Asri Welas semacam dikutip dari harianhealth.

Masih dari artikel Instagramnya, wanita yang saat ini berumur 38 tahun itu pun berbicara bahwa dokter yang menangani Ibran telah memeriksa kondisi matanya usai dioperasi. Hanya saja tetap ada berbagai bagianan untuk penyembuhan katarak di mata sebelah kiri Ibran.

Terkait dengan faktor tersebut, apabila katarak pada anak tak langsung ditangani, apakah berisiko buta permanen? Menurut dokter spesialis mata, dr Yasmin Sani A, SpM dari RS RS Universitas Brawijaya, Malang, apabila katarak pada anak tak segera ditangani maka bisa memunculkan penyakit yang disebut amblyopia

"Amblyopia alias mata malas adalah gangguan mata berupa penurunan tajam pengamatan dampak adanya gangguan perkembangan pengamatan selagi masa anak-anak," kata dr Yasmin terhadap harianhealth.


"Selain itu juga bisa menambah risiko komplikasi lain serta bisa memunculkan kebutaan yang ireversibel. Tapi tak ada pengaruh dengan buta warna yah," tambah dr Yasmin.

Wanita yang lahir pada 11 april 1987 ini membicarakan bahwa pada masa anak-anak, adalah periode emas berkembangnya indera penglihatan.

"Khususnya saraf-saraf retina untuk mendapat stimulasi cahaya, warna serta objek-objek," terang Yasmin.




Sumber : harianhealth


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger