Home » , , , , , , , , , » Ini Museum Berbentuk Jamban Raksasa di Korea Selatan

Ini Museum Berbentuk Jamban Raksasa di Korea Selatan

Written By admin on Selasa, 05 September 2017 | September 05, 2017


harian365.com - Museum dengan tampilan ringkas serta modern telah biasa, tapi bagaimana kalau berbentuk jamban raksasa? Bukan mengada-ada, traveler dapat menontonnya di Korea Selatan.

Berlokasi di Kota Suwon yang berjarak kurang lebih 30 menit perjalanan darat dari Seoul, traveler dapat mampir ke museum toilet bernama Mr Toilet House. Ya, museumnya berbentuk semacam jamban raksasa.

Dilihat hariantravel dari website resminya, Selasa (5/9/2017), museum itu didirikan oleh mantan Walikota Suwon yang bernama Sim Jae Duck.


Usut punya usut, Sim yang sempat menjadi Walikota Suwon pada tahun 1990 serta 2000-an ini diketahui lahir di toilet kakeknya. Faktor itu mungkin dapat sedikit membahas awal kecintaan Sim pada toilet.

Semasa Sim menajabat sebagai walikota, ia juga sangat gencar untuk membersihkan serta mempercantik toilet umum di Suwon. Bahkan Sim juga menjadi pencetus dari Asosiasi Toilet Dunia pada tahun 2007 silam.

Saking cintanya pada toilet, Sim yang juga dijuluki sebagai Mr Toilet ini juga merombak ulang rumahnya. Atas bantuan dari arsitek bernama Go Gi Wong, akhirnya rumah Sim disulap menjadi suatu  rumah berbentuk jamban raksasa.

Tidak tanggung-tanggung, Sim bahkan menamai rumahnya Haewoojae yang berarti rumah untuk melepas rasa cemas dalam bahasa Korea. Segitu cintanya pada toilet.


Ketika Sim wafat, akhirnya rumah berbentuk jamban raksasa itu didonasikan serta diubah menjadi Museum Toilet. Mempunyai dua lantai, museum tiu menampilkan aneka tipe jamban beserta pentingnya kebersihan dalam suatu  masyarakat.

Tetapi tak hanya aneka tipe jamban, traveler juga dapat menjumpai beberapa karya seni bertema toilet. Traveler malah dapat bergambar dengan latar patung berbentuk feses berwarna emas yang ada di luar museum.


Sehari-hari museum ini buka setiap hari kecuali Senin dari pukul 10.00-18.00 waktu setempat. Tak dipungut tiket masuk ke dalamnya atau gratis.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger