Home » , , , , , , , , » Warga Maluku Utara Paling Bahagia di Indonesia

Warga Maluku Utara Paling Bahagia di Indonesia

Written By admin on Selasa, 15 Agustus 2017 | Agustus 15, 2017


harian365.com - Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan warga di Provinsi Maluku Utara nyatanya menjadi yang paling tersanjung di Indonesia.

Demikianlah diungkapkan Kepala BPS Suhariyanto saat agenda konferensi pers di Kantor BPS Pusat, Jakarta, Selasa (15/8/2017). Suhariyanto berkata, provinsi yang mempunyai penduduk dengan tingkat tersanjung paling tinggi berada di kepulauan.

"Provinsi yang memperlihatkan indeks ketersanjungan paling atas, itu provinsi yang itu adalah cenderung ke provinsi yang kepulauan, Maluku Utara, Maluku, serta Sulawesi Utara," kata Suhariyanto.

Sedangkan provinsi indeks yang paling rendah terkait dengan ketersanjungan adalah Provinsi Papua, Sumatera Utara serta Nusa Tenggara Timur (NTT). Di ketahui, indeks ketersanjungan Maluku Utara 75,68, Maluku 73,77, serta Sulawesi Utara 73,69, sedangkan 3 provinsi yang paling rendah Papua 67,52, Sumatera Utara 68,41, serta NTT 68,98.

Pria yang bersahabat disapa Kecuk ini menyatakan, Maluku Utara menjadi provinsi dengan penduduknya paling tersanjung apabila dilihat dari dimensi kepuasan nasib, dimensi perasaan, serta dimensi makna nasib.


"Menjadi sangat tak sama ketika kami berangkat ke Papua adalah ketersanjungannya paling rendah, dapat dipahami di sana per sub dimensinya personal, sebab berkaitan dengan pendidikan, pendapatan serta kondisi rumah, serta sebagainya itu yang mempengaruhi apa yang terjadi di Papua," papar dia.

Dia memastikan, tersedia 6 provinsi yang mempunyai peningkatan ketersanjungannya, semacam Maluku Utara, Gorontalo, Papua, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Barat, serta Aceh.

Sedangkan provinsi yang mengalami penurunan indeks ketersanjungan adalah Jampi, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, Kalimantan Tengah, serta Lampung 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger