Statistik MotoGP Austria

Written By admin on Kamis, 10 Agustus 2017 | Agustus 10, 2017


harian365.com - MotoGP 2017 bakal memasuki seri balapan ke-11 pada akhir pekan, dalam gelaran MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring. Berikut statistik untuk balapan itu.

Ini bakal menjadi musim kedua beruntun Red Bull Ring menghajat balapan grand prix di Austria semenjak seri itu dibangkitkan lagi musim lalu. Sebelumnya sirkuit tersebut juga mementaskan balapan pada 1996 serta 1997.

Hal itu turut membikin Sirkuit Red Bull Ring menjadi satu-satunya sirkuit dalam kalender saat ini, yang podiumnya belum sempat dipijak Valentino Rossi pada kelas primer -- ia sempat meperbuatnya pada kelas 125cc. Rossi sejauh ini telah finis di atas podium kelas primer dalam 26 sirkuit tak sama. Tahun lalu Rossi finis keempat dalam balapan di sirkuit tersebut. 

Berikut statistik MotoGP Austria semacam dirangkum MotoGP.com:

- Tahun lalu Austria kembali menggelar ajang balap motor grand prix seusai kali terbaru meperbuatnya pada 1997.

- Grand prix Austria pertama dilangsungkan pada 1971 di sirkuit the Salzburgring, yang menggelar balapan pada 22 peluang.

- Di grand prix Austria pertama pada 1971, Giacomo Agostini (MV Agusta) memenangi balapan 500cc, finis dengan berada satu putaran di depan Keith Turner yang finis kedua. Agostini juga memenangi balapan 350cc, dengan kelas lain dimenagi oleh rider-rider ini dengan cara berurutan: 250cc – Silvio Grassetti (MZ), 125cc – Angel Nieto (Derbi), 50cc – Jan de Vries (Kreidler).

- Kali terbaru balapan grand prix dihelat di sirkuit Salzburgring adalah pada 1994, ketika Mick Doohan memenangi balapan 500cc dengan kecepatan rata-rata 194 km per jam.

- Karakter laju sangat cepat di Salzburgring, serta tak lebihnya run-off, membikin sirkuit itu akhirnya dianggap terlalu berbahaya untuk lanjut dipakai.

- Sirkuit saat ini, Red Bull Ring, telah dua kali menggelar balapan grand prix sebelim tahun lalu, yakni pada 1996 serta 1997, dengan nama A1-Ring. Sebelum tahun lalu, Valentino Rossi menjadi satu-satunya rider yang sempat tampil di sirkuit itu.

- Finis ketiga Rossi dalam balapan 125cc di Austria pada 1996 adalah podium pertamanya di ajang grand prix. Ia naik podium lagi pada balapan 125cc di Austria tahun 1997, hari ini finis kedua dengan selisi waktu 0,004 di belakang Noboru Ueda.

- Tahun lalu di Austria, Andrea Iannone untuk kali pertama meraih kemenangan semenjak tampil di kelas MotoGP pada 2013. Itu juga membikin Ducati akhirnya dapat menang lagi semenjak kali terbaru meperbuatnya lewat aksi Casey Stoner di Australia pada 2010.

- MotoGP Austria tahun lalu turut memberi Ducati finis satu-dua dalam balapan MotoGP semenjak MotoGP Australia pada 2007, lewat Casey Stoner serta Loris Capirossi.


- Balapan di Austria tahun lalu kembali merilis dua rider Italia yang mengendarai motor-motor pabrikan negaranya dalam merebut dua posisi teratas balapan kelas primer, semenjak grand prix Finlandia di Imatra pada 1972 ketika Giacomo Agostini serta Alberto Pagani finis satu-dua di atas motor MV Agusta.

- Rata-rata kecepatan dalam balapan MotoGP di Austria tahun lalu adalah 182,4 km per jam. Itu menjadi kecepatan paling atas seusai Mick Doohan melaju dengan kecepatan 203,8 km per jam di Hockenheim pada 1994.




Sumber : hariansport

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger