Home » , , , , , , , , , , » Punya Riwayat Diabetes, Perlukah ula Darah Sendiri di Rumah?

Punya Riwayat Diabetes, Perlukah ula Darah Sendiri di Rumah?

Written By admin on Selasa, 29 Agustus 2017 | Agustus 29, 2017


harian365.com - Riwayat diabetes atau kencing manis mengharuskan orang untuk rajin-rajin memantau kadar gula darahnya. Punya alat tes sendiri di rumah, dianggap sebagai kebutuhan.

Menurut dr Benjamin Sastro, SpPD, punya alat tes gula darah sendiri sebenarnya bukan suatu keharusan. Tetapi jika punya, maka akan lebih baik karena bisa sewaktu-waktu melakukan pemeriksaan sendiri.

Yang perlu diperhatikan, menurut internis dari RS Mayapada ini, adalah waktu pengecekan. Pengecekan saat bangun tidur, tentu berbeda dengan pengecekan setelah makan siang.

"Harus diperhatikan, kapan kita melakukan pengecekan? Karena pengecekan waktu puasa cut off-nya mungkin berbeda dengan siang atau kita habis makan," jelasnya.


Walau punya alat sendiri, pemeriksaan di rumah sakit tetap perlu dilakukan secara berkala. Selain untuk sekalian melakukan pemeriksaan lainnya, pengukuran gula darah dengan alat rumahan bisa memberikan hasil yang sedikit berbeda dengan pengecekan di rumah sakit.

"Sumber darah kalau kita cek sendiri dari jari itu darah arteri. kalau di rumah sakit itu diambil darah vena," kata dr Bejamin.


Selengkapnya, simak video Bincang Sehat berikut ini:
Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger