Home » , , , , , , , , » Polisi Harap Penangkapan Grup Saracen Timbulkan Efek Jera

Polisi Harap Penangkapan Grup Saracen Timbulkan Efek Jera

Written By admin on Sabtu, 26 Agustus 2017 | Agustus 26, 2017


harian365.com - Tiga pentolan dari grup Saracen ditangkap polisi. Grup yang menebarkan ujaran kebencian melewati internet tersebut diketahui mempunyai anak buah lainnya.

Kasubdit 1 Dit Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Kombes Irwan Anwar berbicara anak buah penyebar kebencian bernuansa suku, ras, agama, serta antargolongan (SARA) tersebut bisa ditindak bila ditemukan bukti-bukti.

"Ada tidak sedikit (anggotanya). (Penindakan) Tergantung, ada tidak buktinya. Kalau tidak ada, kami tidak bisa tindak orang," kata Irwan terhadap harianhot, Jumat (25/8/2017) malam.


Dia memberbagi ilustrasi, pada suatu  keributan yang terjadi antara dua kelompok massa, tidak bisa semua orang ditindak polisi. Polisi menindak hanya pelaku yang terlibat serta yang menjadi otak atas keributan tersebut.

Saat ini, petugas tetap menyelidiki lebih lanjut soal permasalahan ini tergolong soal sumber sertaa yang menyokong kelompok tersebut. "Belum tahu, tetap penyidikan," ujarnya.

Disebutkan sebelumnya, ada indikasi kelompok Saracen mengunggah konten bermuatan SARA selagi pilkada. Data ditemukan lewat jejak forensik di grup Saracen.


Terkait faktor tersebut, Irwan berbicara tidak menutup kemungkinan pada gelaran pilkada lainnya bakal muncul aksi serupa. Tapi dirinya berharap pengungkapan permasalahan Saracen ini bisa memunculkan efek jera.

"Bisa ya, bisa tidak (beraksi lagi). Tidak pasti. Mudah-mudahan ada kegunaaannya (pengungkapan permasalahan Saracen ini), ada efek jera," ungkapnya.

Dalam permasalahan ini, ketiga pelaku yang ditangkap berinisial JAS, MFT, serta SRN ini dijerat dengan Pasal 45A ayat 2 jo Pasal 28 ayat 22 UU Nomor 19 Tahun 2016 mengenai Perubahan UU ITE dengan ancaman 6 tahun penjara serta/atau Pasal 45 ayat 3 jo Pasal 27 ayat 3 UU ITE dengan ancaman 4 tahun penjara. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger