Home » , , , , , , , » Polisi: Grup Provokasi SARA Saracen Berideologi Pasar

Polisi: Grup Provokasi SARA Saracen Berideologi Pasar

Written By admin on Sabtu, 26 Agustus 2017 | Agustus 26, 2017


harian365.com - Polisi tetap mempelajari motif kerja grup penyebar SARA di media sosial, Saracen. Menurut polisi, sejauh ini grup tersebut berorientasi permintaan pasar.

"Sementara dari fakta itu, mereka motif umumnya ekonomi. Mesikipun nama Saracen alias lain itu motif ekonomi. Itu arah mereka membikin kelompok ini," ucap Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri Kombes Pudjo Sulistyo dalam diskusi di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (26/7/2017). 


Menurut Pudjo, kelompok Saracen pandai menonton pasar. Mereka dapat mencari keuntungan dari proposal-proposal penyebaran isu SARA di media sosial. 

"Kelompok ini dapat menonton pasar. Semacam musim hujan, jualannya sekoteng, musim panas jualan es. Kelompok ini tergantung pasar. Ideologinya pasar, ekonomi," jelas Pudjo. 


Menurut Pudjo, ada berbagai hal yang membikin kelompok Saracen dapat eksis menjalankan kejahatan mereka. Salah satunya soal perkembangan teknologi informasi.

"Kedua, hal psikologi, performa membaca psikologi massa di medsos. Ketiga, hal manajemen mengakumulir pendukung dengan dengan cara konstan memberi input jadi jadi follower yang militan," terang Pudjo. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger