Home » , , , , , , » Pimpinan DPR: Masuk Alokasi, Pembangunan Gedung Tinggal Realisasi

Pimpinan DPR: Masuk Alokasi, Pembangunan Gedung Tinggal Realisasi

Written By admin on Selasa, 15 Agustus 2017 | Agustus 15, 2017


harian365.com - Pembangunan gedung DPR nyatanya sebetulnya telah masuk alokasi sertaa sejak berbagai waktu lalu. Tetapi hingga saat ini pembangunan belum terlaksana sebab sertaanya tak terserap alias tak dipakai.

Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan menyebutkan, pengkajian soal Gedung Nusantara I DPR yang menjadi lokasi ruangan 560 anak buah dewan telah diperbuat sejak lama. Tetapi setiap ada rencana pembangunan, faktor tersebut menjadi polemik.

"Itu waktu rekomendasi pembahasan oleh (Dinas) Cipta Karya (Kementerian PUPR) di periode berikutnya," ucap Taufik saat berbincang dengan harianhot, Selasa (15/8/2017).

Rekomendasi Kementerian PUPR menurut Taufik menyebut bahwa Gedung Nusantara I konstruksinya telah miring. Jadi memerlukan renovasi total. Taufik berkata, sebetulnya telah ada alokasi sertaa dari pemerintah untuk pembangunan tersebut.

"Ada penambahan anak buah serta staf ahli, maka itu butuh diperbaiki. Kami nggak butuh menguras energi serta menjadikan ini polemik. Bahwa ada rekomendasi PUPR kan menyebut ini butuh dicek, diperbaharui lagi," ucapnya.

"Di tahun biaya sebelumnya telah dialokasikan oleh pemerintah butuh ada renovasi cuma persoalannya sertaa itu tak terserap.Itu sebab DPR berhati-hati. Dialokasikan ke kesetjenan DPR," imbuh Taufik.

Politikus PAN ini menyebut, alokasi sertaa masuk di APBN 2016 alias 2017. Tetapi DPR menurut Taufik tak meperbuat pembangunan gedung sebab saat itu ada dinamika politik yang dianggap lebih wajib diprioritaskan.

"Jadi DPR tetap ada faktor lain yang prioritas. Jadi sebenernya ini (pembangunan gedung) bukan barang baru, terbukti butuh ada renovasi itu," tuturnya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berkata, pihaknya tetap menantikan permintaan resmi dari DPR untuk membenahi gedung wakil rakyat itu. Tetapi bagian itu dianggap sebetulnya telah terlewati di periode sebelumnya sebab sertaanya juga telah masuk dalam alokasi.

"Ini bukan lagi mengajukan, telah dialokasikan di antara APBN 2016-2017 tapi nggak keserap. Ini telah waktunya ke Menkeu sebab telah dianggarkan sebetulnya. Jadi (pengajuan) telah lewat," terang Taufik.

"Hanya saja sebab tak terserap (belum jadi ada pembangunan) maka uang itu dikembalikan ke kas negara sebab ketentuan UU nya semacam itu. Ini persoalannya itu tetap nunggu hal-hal teknis aja," sambungnya.

Perencanaan soal pembangunan gedung pun sebetulnya dikatakan Taufik telah diperbuat sebelumnya. DPR telah mengajak ikatan arsitek, panitia lelang serta tim-tim terkait pun telah terbentuk. Bahkan DPR juga telah melombakan tampilan. Tapi lagi-lagi pembangunan tak terealisasi.

"Panitia lelang telah ada, tapi belum dilaksanakan. Tim-tim telah ada, telah dilombakan juga. Pak Fadli telah hinggakan juga waktu itu. Sebetulnya telah berlangsung. Faktanya merupakan pembangunan gedung tinggal realisasi," urai Taufik.

Menunurtnya, pembangunan dapat langsung direalisasikan pada 2018 nanti. Tetapi yang diperlukan merupakan review ulang antara DPR serta pemerintah.

"Kalau 2018 direalisasikan telah dapat, nggak ada persoalan. Ini kan belum hanya sebab persoalan teknis. Kalau telah dianggarkan itu kan berarti telah sepengetahuan serta disetujui pemerintah. Hanya saja saat itu ada dinamika politik," paparnya.


"Sekarang dikembalikan ke mekanisme awal antara DPR serta pemerintah. Direview ulang antara DPR serta pemerintah, jika terbukti ada biaya yang dapat diserap. Soal renovasi alias pembangunan awal (gedung baru), nggak persoalan," tambah Taufik.

Ceo DPR bidang ekonomi ini meminta supaya persoalan pembangunan gedung dewan tak lagi dijadikan polemik. Sebab menurut Taufik, pada hakikatnya gedung untuk DPR ini sebetulnya merupakan milik negara.

"Kita kembalikan terhadap posisi bahwa Gedung DPR itu milik negara. Jangan kami berkutat menguras energi butuh alias tidaknya pembangunan gedung. Sebab tugas DPR bukan membangun gedung," tutup Taufik. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger