Home » , , , , , , , , , » Permudah Penerbitan STR Dokter, KKI Luncurkan Aplikasi Simponi

Permudah Penerbitan STR Dokter, KKI Luncurkan Aplikasi Simponi

Written By admin on Selasa, 22 Agustus 2017 | Agustus 22, 2017


harian365.com - Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) meluncurkan software sistem pembayaran online untuk memudahkan penerbitan surat tanda registrasi (STR) dan sertifikat kelaikan praktik kedokteran (CoG) bagi dokter dan dokter gigi di Indonesia.

Prof Dr dr Bambang Supriyatno, SpA(K), Ketua KKI berbicara software sistem pembayaran online (Simponi) menggantikan sistem lama. Jadi dokter dan dokter gigi tidak butuh lagi mengurus penerbitan dan pembaruan STR dengan cara manual.

"Sekarang jadi online. Berkas-berkas yang diperlukan di-scan lalu dimasukkan lewat sistem online di KKI.go.id. Seusai lengkap, baru keluar billing pembayaran yang dapat dibayarkan melewati bank terdekat alias kantor pos," tutur Prof Bambang, dalam konferensi pers di Kantor KKI, Jl Teuku Cik Ditiro, Gondangdia, Jakarta Pusat.

Dijelaskan Prof Bambang bahwa software ini menolong mengurangi potensi kehilangan data alias tercecernya permohonan penerbitan STR. Selain itu, software ini juga memberbagi jalan masuk terhadap dokter dan dokter gigi untuk memonitor status alias realisasi pembayaran dan penyetoran STR alias CoG.

"Selain itu, diinginkan juga adanya sistem online ini mempercepat proses penerbitan STR. Dulu STR kan dapat 30 hari baru keluar, dipercepat 14 hari. Dengan adanya sistem online ini semoga berakhir dalam 3-4 hari, dan maksimal 7 hari," tambah prof bambang lagi.

Prof Bambang berbicara sistem pembayaran online ini bakal mulai diberperbuat per tanggal 21 Agustus 2017, dengan masa transisi sampai akhir tahun. Ke depannya, sistem pembayaran online ini diinginkan sanggup membikin KKI lebih transparan dan profesional.


"Dalam masa transisi yang telah ajukan penerbitan sebelum 21 Agustus dengan cara manual tetap diproses. Tetapi seusainya semuanya wajib lewat online," tuturnya lagi.

STR adalah tanda bukti tertulis bagi dokter, dokter gigi dan dokter spesialis bahwa ia telah disumpah dan ditetapkan dan teregistrasi di KKI. Tanpa adanya STR, dokter tidak mempunyai bukti bahwa dia mempunyai kualifikasi yang diakui dengan cara hukum.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger