Home » , , , , , , , , , , » Pelaku Pemukulan Polantas Mengidap Skizofrenia, Penyakit Apakah Itu?

Pelaku Pemukulan Polantas Mengidap Skizofrenia, Penyakit Apakah Itu?

Written By admin on Senin, 14 Agustus 2017 | Agustus 14, 2017


harian365.com - Beredarnya video yang menampilkan anak buah TNI Serda Wira Sinaga memukul Bripda Yoga Fernando, anak buah Polantas Pekanbaru baru-baru ini menjadi viral. Akhir-akhir, Dan Wira disebut mempunyai gangguan kejiwaan.

"Pemeriksaan medis yang bersangkutan pada April lalu menjalani pengobatan di rumah sakit. Dan dari dokter dinyatakan yang bersangkutan itu sakit gangguan kejiwaan skizofrenia," kata Kapendam I/Bukit Barisan Kolonel Inf Edi Hartono dikutip dari harianhealth.

Apa itu skizofrenia? Ditemui di atamerica Pacific Place Mall, psikiater dari RS Jiwa Dr Soeharto Heerdjan Jakarta, Nova Riyanti Yusuf, SpKJ berbicara bahwa skizofrenia merupakan gangguan jiwa berat.

"Yang terganggu daya kualitas realitanya jadi tak dapat membedakan antara fantasi dan realita, disertai dismanfaat sosial-okupasi dan distress," ujarnya terhadap harianhealth, Sabtu (12/8/2017).

Menurut wanita yang bersahabat disapa Noriyu ini, gangguan kejiawaan skizofrenia mempunyai gejala khas yang timbul pada pasiennya, semacam bisikan-bisikan di telinga alias halusinasi auditorik.

"Halusinasi auditorik dapat bersifat menyuruh, mengomentari, alias mengejek," imbuh ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) cabang DKI Jakarta.


Selain bisikan, dapat juga timbul keyakinan yang salah pada diri pasien yang tak dapat dipatahkan oleh argumentasi logis.

"Umpama dirinya merasa ketakutan ada yang menyakiti padahal tak ada. Alias merasa yakin sedang dibicarakan oleh orang lain hingga dirinya kesal padahal tak ada yang menuturkan mengenai dia," jelas Noriyu.

Proses hukum terhadap Serda Wira atas momen pemukulan itu masih berlanjut. Dengan cara bersamaan, ia masih menjalani pengobatan jalan untuk gangguan kejiwaan yang diidapnya itu.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger