Home » , , , , , , , , , , , » Pasien Gagal Ginjal Dilarang Makan Pisang, Mitos atau Fakta?

Pasien Gagal Ginjal Dilarang Makan Pisang, Mitos atau Fakta?

Written By admin on Kamis, 17 Agustus 2017 | Agustus 17, 2017


harian365.com - Tidak jarang orang dengan gagal ginjal dilarang untuk memakan buah-buahan yang tinggi kalium. Faktor ini guna menghindari adanya hiperkalemia pada pasien dengan penyakit yang ada. Tapi, bukan berarti larangannya berlaku untuk semua pasien.

"Setiap pasien itu wajib ditangani dengan cara individual, sehingga perlakuannya dari satu pasien ke pasien yang lain tak sama," ucap Dr Tunggul Situmorang, SpPD-KGH, Rabu (16/8/2017), saat agenda yang diselenggarakan oleh Baxter di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Pisang merupakan salah satu buah dengan kadar kalium yang terbukti termasuk tinggi. Apabila pelarangannya disasar untuk pasien dengan keadaan kalium yang tinggi, alias lebih dari batas normal yakni 3,5-5 mEq/L, maka itu merupakan sebuahfaktor yang cocok.

"Tapi kan tak semua pasien gagal ginjal dapat dibilang kaliumnya tinggi, maka sebelumnya wajib dicek," tutur dokter dari RSU PGI Cikini tersebut.


Bisa saja pasien mempunyai kandungan kalium yang rendah. Maka konsumsi pisang alias makanan tinggi kalium lainnya semacam umbi-umbian, tomat, serta kacang merah dapat-bisa saja diberbagi pada orang dengan gagal ginjal.

Untuk mengenal apakah seseorang mempunyai hiperkalemia dapat diperbuat dengan meperbuat cek darah. Tutorial lainnya merupakan melewati pemeriksaan elektrokardiogram.




Sumber : harhianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger