Home » , , , , , , , , , , , » Pada Perokok, Cahaya Lampu Kota Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Pada Perokok, Cahaya Lampu Kota Tingkatkan Risiko Kanker Payudara

Written By admin on Senin, 21 Agustus 2017 | Agustus 21, 2017


harian365.com - Tinggal di lingkungan yang terang benderang di kala malam, menurut penelitian dapat menambah risiko kanker payudara. Ini berlaku pada perokok serta mantan perokok.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environmental Health Perspectives ini menyebut, perempuan yang bekerja di shift malam lebih rentan kepada pengaruh cahaya buatan luar ruangan di malam hari.

Para ilmuwan yang meperbuat penelitian tersebut mendasarkan temuannya pada hipotesis mengenai melatonin, yakni salah satu hormon yang mengatur pola tidur. Penurunan kadar melatonin, menurut beberapa penelitian terdahulu, bsia menambah risiko kanker payudara.

Paparan cahaya buatan di malam hari, menurut penelitian hari ini, berpengaruh pada produksi melatonin. Efek yang sama juga ditemukan pada paparan racun rokok.


"Kami berteori bahwa kadar melatonin terlibat," kata salah seorang peneliti, Peter James dari Harvard Medical School, semacam dikutip dari NYdailynews.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menganalisis data dari 110.000 partisipan dalam Nurse's Health Study II antara tahun 1989-2013. Kadar iluminasi luar ruangan didasarkan pada info satelit.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger