Home » , , , , , , , , , » Pada Orang Dewasa, Steroid Tidak Efektif Obati Infeksi Saluran Napas

Pada Orang Dewasa, Steroid Tidak Efektif Obati Infeksi Saluran Napas

Written By admin on Senin, 28 Agustus 2017 | Agustus 28, 2017


harian365.com - Steroid biasa dipakai untuk mengobati persoalan pernapasan. Tetapi riset terakhir menyebut ia tampaknya tak manjur untuk infeksi saluran napas orang dewasa.

"Steroid oral serta hirup terbukti diketahui manjur untuk mengobati sesak napas akut. Tapi tak boleh dipakai untuk mengobati infeksi saluran pernapasan alias infeksi dada pada orang dewasa yang tak menderita sesak napas alias bar sebab tak mengurangi tingkat keparahan gejala," ujar Michael Moore, profesor dari University of Southampton di Inggris.

"Jadi mesti dipakai dengan berhati-hati sebab bisa efek samping yang tak diharapkan," imbuh Moore dikutip dari Indian Express.

Dalam risetnya, peneliti melibatkan 398 orang dewasa non sesak napas dengan infeksi saluran napas akut tapi tak mempunyai pneumonia serta tak terlalu membutuhkan pengobatan antibiotik. Kemudian, peneliti membagi para responden menjadi dua kelompok dengan cara acak.

Riset yang diterbitkan di jurnal JAMA memberbagi kelompok A 40 mg steroid oral 'prednisolne' selagi lima hari. Sedangkan kelompok B hanya diberbagi plasebo dalam periode waktu yang sama.


Hasilnya diketahui tak ada perbedaan berarti pada gejala yang dialami oleh dua kelompok pasien. Semuanya masih mengalami persoalan batuk-batuk, gejala mutlak dari infeksi saluran napas.

Lebih lanjut, Moore membahas bahwa metode pilihan untuk mengobati persoalan infeksi saluran napas wajib ditemukan. Faktor ini untuk mengurangi jumlah pemakaian antibiotik sembarangan yang bisa terus mendorong resistensi antibiotik pada mikroba.

"Lebih tak sedikit yang butuh diperbuat untuk mencari pengobatan pilihan lainnya untuk menanggulangi resistensi antibiotik yang meningkat. Di sini obat herbal bisa mempunyai peran yang potensial," pungkas Moore.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger