Home » , , , , , , , , , , , , » Mohuntingo, Upacara Potong Rambut Anak Ayu Dewi yang Syarat Adat dan Doa

Mohuntingo, Upacara Potong Rambut Anak Ayu Dewi yang Syarat Adat dan Doa

Written By admin on Minggu, 27 Agustus 2017 | Agustus 27, 2017


harian365.com - Ayu Dewi dan Regi Datau sedang bahagia menikmati peristiwa perkembangan buah hati mereka. Kali ini, Ayu menggelar upacara potong rambut untuk anak keduanya, Muhammad Aqlan Ukasah.

Masih masih lekat dengan budaya Gorontalo, Ayu Dewi dan Regi menggelar upacara Mohuntingo. Ini adalah agenda budaya yang memiliki tak sedikit makna.

"Kalau dilihat tadi kami mulai dengan yasinan. Sehingga terbukti di upacara ini pas masuk udah ada gantungan buah pisang. Pisangnya dua, ada pinang," jelas Ayu Dewi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Minggu (27/8/2017).


"Pisang itu filosofinya nasib rutin berumpun nggak sempat sendiri. Pisang juga, dirinya tak bakal mati sebelum beregenerasi. Ketika beregerasi baru, seusai itu baru mati. Keturunan selanjutnya, regenerasi orangtuanya," tambah sang suami, Regi.

Ayu dan Regi berharap keluarganya dapat menghasilkan keturunan yang soleh dan berkegunaaan untuk orangtua dan negara. Tidak hanya pembacaan surat Yasin, Ayu sambil menggendong Aqlan berputar tiga kali.

Berputar setidak sedikit tiga kali sambil diperdengarkan kata 'Wena'. Ritual itu menunjukkan permisalnyaan tawaf dan menggambarkan kenasiban yang rutin berputar.

"Kali ini bahagia banget alhamdulillah. Aqiqah udah, gunting rambut melambangkan anak ini telah memasuki usia 40 hari. Menuju dunia yang nantinya bakal dirinya arungi," ungkap Ayu.

Nuansa biru dan hijau tosca mendominasi dalam upacara tersebut. Ayu dan keluarga juga memakai baju dengan sulaman Karawo khas Gorontalo.


Pesta meriah dengan makanan dan dekor yang berlimpah bukan faktor yang membikin Ayu dan suami pusing. Mereka mekegunaaankan endorse sekaligus untuk menolong Usaha Kecil Menengah.

"Kan open PO ya, kan endorse. Kalau tak sedikit gambar-gambar kan. Emang Raffi Ahmad aja yang dapat endorse. Kan bantuin promosiin UKM, lagi-lagi itu namanya tutorial melobi yang baik," tutur Ayu sambil bercanda.

Berbagai kawan bintang film swperti Denny Cagur, Raffi Ahmad dan Gigi, Uya Kuya dan keluarga, Syahnaz dan Jeje 'Govinda', Krisdayati, Aurel, Nindi, dan Caca Frederica terkesan datang menghadiri agenda tersebut. 




Sumber : hariangosip

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger