Mirip Ketombe, Ini Ciri Kulit dengan Penyakit Autoimun Psoriasis

Written By admin on Kamis, 17 Agustus 2017 | Agustus 17, 2017


harian365.com - Kerap timbul di kepala dengan sisik yang menebal dan bercak kemerahan, kondisi kulit dengan psoriasis persis semacam ketombe. Tapi apa ciri khas lain dari penyakit autoimun tersebut dibanding ketombe yang dikarenakan oleh jamur?

Dijelaskan spesialis kulit, dr Danang Tri Wahyudi dari Rumah Sakit Kanker Dharmais, gejala psoriasis dengan ketombe bisa dibedakan dari beberapa penampakan.

"Ketombe mempunyai sisik yang kecil dan warnanya lebih putih. Sementara kalau psoriasis lebar dan tebal, dan keperakan. Yang membedakannya lagi, sisik psoriasis kalau dikelupas ada bercak-bercak darahnya," jelasnya, saat ditemui dalam suatu  seminar di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (16/8/2017).

Bercak di kulit psoriasis juga kerap terasa gatal dan kering, tapi tak jarangkali menyakitkan sampai pengidapnya merasa tak enjoy. Lanjut dr Danang, luka dari bercak psoriasis sulit sembuh dengan sempurna sampai memicu sisik luka yang berlapis.


"Selain itu, kalau ketombe hanya di kepala, bercak sebab psoriasis bisa timbul di seluruh tubuh, semacam di siku lengan, lutut, tangan," lanjut dr Danang.

"Apabila ditemui kondisi demikian dalam waktu lama, sebaiknya temui dokter spesialis kulit untuk memperoleh diagnosa klinis yang seksama. Butuh diketahui, penyakit ini bisa diderita baik oleh laki-laki maupun perempuan dengan derajat keparahan yang beragam," pesannya.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger