Home » , , , , , , , , , » Kusta, Penyakit Tropis Terabaikan yang Masih Ada di Indonesia

Kusta, Penyakit Tropis Terabaikan yang Masih Ada di Indonesia

Written By admin on Rabu, 02 Agustus 2017 | Agustus 02, 2017


harian365.com - Mendengar kata kusta, yang terlintas di pikiran kami adalah penyakit zaman romawi kuno yang membikin pengidapnya berwajah kurang baik serta mengalami kecacatan. Asumsi ini tidak salah, tetapi juga tidak sepenuhnya benar.

Kusta adalah salah satu dari 17 neglected tropical disease (penyakit tropis terabaikan) versi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Penyakit tropis terlalaikan adalah penyakit yang telah ada sejak beratus-ratus tahun yang lalu dengan jumlah pasien yang tidak tidak sedikit, tetapi penyakitnya juga belum sepenuhnya hilang.

Penyakit kusta ditandai dengan munculnya bercak tubuh di seluruh tubuh dampak infeksi bakteri Mycobacterium leprae. Bakteri ini menyerang kulit serta saraf tepi, yang apabila tidak ditangani bisa membikin pengidapnya mengalami kecacatan.


Berdasarkan data WHO, Indonesia berada di peringkat ke-3 dalam 10 besar negara dengan permasalahan kusta tertidak sedikit. Peringkat pertama diduduki oleh India, dengan Brazil berada di peringkat kedua.

Di Indonesia sendiri prevalensi nasional untuk kusta berada di angka 0,78 per 10.000 penduduk. Tetapi apabila dilihat per provinsi, tetap ada 14 provinsi yang prevalensi permasalahan kustanya di atas 1 per 10.000, lebih tinggi daripada prevalensi nasional.

"Kalau berdasarkan data, Jawa Timur, Kalimantan Utara serta semua daerah Sulawesi, Maluku serta Papua itu belum bisa mengeliminasi kusta. Tetapi dari tahun lalu dalam RPJMN 2015-2019, telah ditargetkan eliminasi per provinsi," tutur dr Subuh, direktur jenderal Pencegahan serta Penularan Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, dalam temu media Hari Kusta Sedunia bulan Januari lalu.


Pemerintah melewati Kemenkes menargetkan Indonesia leluasa kusta pada tahun 2019. Dalam kunjungannya ke Provinsi Maluku Utara baru-baru ini, Duta WHO untuk Eliminasi Penyakit Kusta, Yohei Sasakawa, berbicara dengan perencanaan yang cocok serta upaya maksimal, sasaran tersebut bisa dicapai.


Sasakawa berbicara sekarang telah ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit kusta sampai 100 persen. Bahkan obat tersebut terdapat gratis serta pasien tidak butuh bayar anggaran pengobatan.

"Kalau penyakit kusta cepat ditemukan serta segera diobati, bisa sembuh 100 persen serta tidak mengalami kecacatan. Ingat, kusta bisa disembuhkan serta bukan adalah kutukan alias hukuman dari Tuhan," ungkap Sasakawa.

Untuk mengulas lebih dalam soal penyakit kusta, situasinya di Indonesia serta bagaimana penanganannya, simak ulasan khas harianhealth hari ini ya.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger