Home » , , , , , , , , , , » Konsumsi Alkohol Setiap Hari Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Konsumsi Alkohol Setiap Hari Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Kulit

Written By admin on Kamis, 03 Agustus 2017 | Agustus 03, 2017


harian365.com - Mengonsumsi alkohol tentu mempunyai akibat bagi kesehatan, apalagi setiap hari. Nah, studi baru-baru ini menyatakan bahwa mengonsumsi alkohol setiap harinya bisa menambah risiko kanker kulit.

Menurut studi yang diterbitkan di British Journal of Dermatology, setiap sepuluh gram alkohol yang dikonsumsi setiap hari bisa menambah risiko dari basal cell carcinoma (BCC) sebesar tujuh persen serta cutaneous squamous cell carcinoma (cSCC) sebesar 11 persen.

"Ada dua kemungkinan tipe dari dua tipe kanker non-melanoma. Seseorang yang mengonsumsi alkohol mungkin mempunyai risiko lebih tinggi kanker kulit non-melanoma," ujar H Yen dari Harvard T H Chan School of Public Health.


Dalam studinya, peneliti meperbuat meta-analisis serta meninjau penemuan dari 13 studi yang membandingkan 91.942 permasalahan BCC serta 3.299 permasalahan cSCC. Faktor ini diperbuat untuk menentukan kaitan antara konsumsi alkohol serta kejadian kanker kulit non-melanoma.

"Meta analisis menemukan bahwa mengonsumsi alkohol dengan berbagai dosis tertentu berhubungan positif dengan risiko BCC serta cSCC. Tetapi hasil ini wajib ditafsirkan dengan hati-hati sebab bisa membingungkan," sambung Yen dikutip dari Indian Express.

Sebab perilaku mengonsumsi alkohol tetap bisa diubah, peneliti menyarankan masyarakat menjaga konsumsi alkoholnya untuk menurunkan risiko kanker non-melanoma .


Sementara itu, Eunyoung Cho, ScD, ahli dermatologi serta epidemiologi dari Warren Alpert Medical School, Brown University berbagai waktu lalu berbicara alkohol adalah salah satu zat penyebab berbagai penyakit kanker.

"Alkohol telah lama diketahui adalah karsinogen. Tetapi manfaatnya kepada penyebaran serta perkembangan sel kanker tetap semakin diselidiki. Apalagi pada kanker kulit yang tak mengalami kontak langsung dengan alkohol," tutur Cho, dilansir CNN.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger