Home » , , , , , , , , , » Kolesterol Baik yang Terlalu Tinggi Juga Bisa Picu Risiko Kematian Lho

Kolesterol Baik yang Terlalu Tinggi Juga Bisa Picu Risiko Kematian Lho

Written By admin on Senin, 28 Agustus 2017 | Agustus 28, 2017


harian365.com - Ada dua macam kolesterol dalam tubuh, yaitu high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik serta low-desity lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahat. Nah HDL ini umumnya diketahui berguna untuk tubuh.

Tetapi, menurut studi yang diperbuat para peneliti di Denmark HDL yang terlalu tinggi tampaknya juga tak baik. Peneliti berbicara dapat ada risiko kematian yang sehingga lebih tinggi.

"Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal sebagai lipid serta penting untuk manfaat tubuh. Tapi kadar kolesterol baik yang tinggi dapat memicu risiko kematian dibandingkan dengan kadar yang normal," ujar Borge Nordestgaard, profesor di University of Copenhagen.

Dalam studinya, peneliti menganalisis 116.000 orang selagi enam tahun. Hasilnya, peneliti memperoleh 10.500 kematian dampak kadar kolesterol baik yang tinggi dalam darahnya.

Untuk pria, ditemukan tingkat kolesterol baik yang sangat tinggi mempunyai risiko kematian sampai 106 persen dibandingkan orang dengan tingkat HDL yang normal. Sedangkan, pada wanita ditemukan risiko kematian sampai 68 persen lebih tinggi dibandingkan orang dengan tingkat yang normal.


Orang dengan kadar HDL yang sedang dalam darahnya mempunyai risiko kematian yang lebih rendah. Kadar normal pada pria yaitu di tingkat 1,9 mmol/L. Sementara pada wanita adalah 2,4 mmol/L.

"Tampaknya butuh penghapusan fokus HDL sebagai indikator kesehatan yang penting dalam suatu  penelitian di rumah sakit," pungkas Nordestgaard.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger