Home » , , , , , , , , » Kisah Raja Hindu di Bali Memberi Kurban Sapi Idul Adha

Kisah Raja Hindu di Bali Memberi Kurban Sapi Idul Adha

Written By admin on Kamis, 31 Agustus 2017 | Agustus 31, 2017


harian365.com - Perayaan Idul Adha di Bali, punya sejarah luar biasa. Kurban mulai digelar di Pulau Dewata abad ke-17 ketika Raja Klungkung memberi sapi untuk umat Islam.

Idul Adha di Bali tak tidak sama dengan provinsi lainnya, ada kurban kambing serta sapi. Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Prof I Gusti Ngurah Sudiana mengisahkan sejarah bagaimana fauna suci umat Hindu, sapi, dapat dikurbankan di Pulau Dewata.

"Kalau dilihat dari sejarahnya, Idul Adha di Bali itu kan sejak Kerajaan Klungkung membikin satuan tentara dari pulau lain serta masuklah Islam. Ketika Idul Adha, Raja Klungkung memberbagi sapi terhadap saudara-saudara muslim saat itu," kata Prof Sudiana terhadap detikcom, Kamis (31/8/2017).

Penelusuran detikcom, Kerajaan Klungkung berdiri pada tahun 1686 serta menghadapi tekanan Belanda. Ketika berperang dengan Belanda, Raja Klungkung membikin satuan tentara dari Makassar serta menandai masuknya Islam di tenggara Bali.

"Kemudian dilanjutkan oleh Raja Karangasem juga memberbagi sumbangan sapi. Raja-raja yang lain kemudian mengikuti hingga saat ini tetap diperbuat," ujar Prof Sudiana.

Tradisi berkurban dari para Raja di Bali itu nyatanya diperlihara hingga saat ini oleh gubernur, bupati hingga keturunan raja-raja tersebut. Hingga-sampai Idul Adha dulu disebut upacara Galungan Islam, yang pengertian galungan sendiri merupakan kemenangan.


"Masih dijalankan hingga kini serta ditambah Gubernur, Bupati, anak buah dewan, serta pribadi, ikut mengurbankan kambing serta sapi. Idul adha itu dilihat masyarakat Bali semacam galungan, kan di Karangasem ada istilah Galungan Islam serta Galungan Hindu," ujar Prof Sudiana.

Keturunan tentara muslim yang menolong kerajaan di Bali tersebut saat ini tinggal di Kepaon, Denpasar, Bali. Wilayah yang dikenal dengan nama Kampung Muslim itu rutin memperingati Idul Adha dengan cara meriah dengan takbir keliling kampung. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger