Kepingan Surga di Bulukumba

Written By admin on Sabtu, 26 Agustus 2017 | Agustus 26, 2017


harian365.com - Populer sebagai pusatnya pembuat kapal phinisi, Bulukumba di Sulawesi Selatan juga punya pantai indah. Salah satunya merupakan Tanjung Bira.

Bulukumba merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang bersemboyan Bulukumba Berlayar. Bagaimana tidak, di kota kecil ini ada pusat pembuatan kapal Phinisi yang populer hingga ke penjuru dunia. Bahkan, pembuatan kapal phinisi paling besar di dunia dibangun di Bulukumba. 

Tak hanya itu saja, lautnya yang bergradasi warna hijau serta biru pun hebat tidak sedikit wisatawan lokal serta wisatawan asing untuk berkunjung. Cobalah datang ke Tanjung Bira, di sana anda bakal menemui pantai yang sangat cantik serta eksotis.

Aksesnya tidak susah, sebab ada berbagai opsi angkutan untuk menuju ke Tanjung Bira, Bulukumba. Saya sarankan anda untuk menggunakan panther dari Terminal Mallengkeri Makassar. 

Pilihlah jurusan yang sangatlah dapat mendampingi anda hingga ke Tanjung Bira. Sebab ada berbagai angkutan yang hanya mau mendampingi hingga ke Bulukumba. Biasanya anda bakal dikenakan tarif 100.00 rupiah untuk 5 jam perjalanan. 

Berangkatlah pagi hari, sebab di sepanjang perjalanan anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa. Di segi kanan anda merupakan laut lepas, serta di segi kiri anda merupakan panorama persawahan serta gunung. 

Semacamnya pemandangan super ini hanya ada di perjalanan Makassar-Tanjung Bira. Angkutan panther yang anda pakai sepanjang perjalanan bakal dibuka kaca mobilnya, sehingga otomatis bakal sehingga angin sepoi-sepoi yang kadang dapat berubah menjadi angin ribut sebab mobil melaju dengan kecepatan penuh. Sebaiknya anda bawa jaket alias kain biar gak masuk angin.

Seusai hingga di Tanjung Bira, anda dapat memilih tempat singgah seusai budget kalian. Harga permalamnya mulai 200.000 untuk wisma sederhana yang menurut saya telah enjoy sekali untuk beristirahat. 

Atau buat anda yang kegemaran camping, dapat juga dapat mendirikan tenda di area pantai. Menyewa motor dengan tarif 50.000-70.000 rupiah bakal menjadi opsi transportasi selanjutnya sebab jarak antar pantai satu dengan lainnya lumayan jauh apabila ditempuh dengan berlangsung kaki. 

Pastikan motor yang anda sewa ada helmnya, meskipun biasanya tempat-tempat sewa motor tidak menyediakan helm. Ada puluhan pantai yang dapat anda kunjungi saat berada di Tanjung Bira. Pasti saja setiap pantai memiliki kualitas keistimewaan sendiri-sendiri. 

Pantai Bira, Pantai Bara, serta Tebing Apparalang merupakan destinasi harus yang harus anda masukkan ke bucket list. Pantai Bira yang khas dengan kecantikan gradasi airnya, Pantai Bara yang khas dengan pohon-pohon kelapanya serta Tebing Apparalang yang khas dengan tebing serta air jernihnya.

Saat mengunjungi Tebing Apparalang, jalan yang bakal anda lalui merupakan jalan rusak yang lumayan panjang. Sehingga anda harus ekstra hati-hati. 

Tetapi itu semua terbayar dengan kecantikannya. Anda biasa berenang di air yang jernih serta lumayan tenang. Di tebing ini disediakan pula berbagai spot untuk bergambar yang beda dari tempat lainnya.


Satu faktor yang sangat disayangkan dalam perjalanan saya, di Tanjung Bira ini tidak sedikit sekali sampah. Apalagi saat berkunjung ke Pantai Permasalahano. Sangatlah pemandangan yang bikin kecewa sebab cantiknya pantai harus tercemar dengan tidak sedikitnya sampah yang bertebaran. 

Semoga kami sebagai penikmat alam rutin menjaga kelestariannya ya. Sekecil apapun sampah, buanglah pada tempatnya. Salam lestari untuk lingkungan kita.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger