Home » , , , , , , , , , , , » Gatot, Meskipun Gagal Total Tapi Rasanya Kenyal-kenyal Manis Enak

Gatot, Meskipun Gagal Total Tapi Rasanya Kenyal-kenyal Manis Enak

Written By admin on Kamis, 03 Agustus 2017 | Agustus 03, 2017


harian365.com - Meski dari daerah tandus Gunung Kidul, Yogyakarta, jajanan satu ini enak rasanya. Tekturnya kenyal-kenyal lembut dengan rasa manis legit. 

Apabila disaapabilan bersama jajanan tradisional lain, gatot terkesan paling tidak luar biasa. Warnanya cokelat kehitaman serta teksturnya kenyal lengket. Tapi jajanan khas Gunung Kidul ini mengenyangkan. 

Konon nama Gatot, berasal dari Gagal Total yang ditujukan untuk singkong yang tidak dapat tumbuh maksimal umbinya. Maklum saja Gunung Kidul populer tandus serta kering dengan hasil pertanian yang tidak tidak sedikit. 


Proses pembuatannya cukup lama. Sebab menggunakan singkong yang dijemur sampai kering berjamir menjadi gaplek. Apabila bakal diolah gaplek direndam semalamam, dipotong-potong kemudian dikukus bersama gula merah sampai empuk. 

Kini di kawasan Yogya serta kurang lebihnya telah tidak sedikit dipasarkan gaplek instan yang siap diolah. Jadi pembuatan gatot serta tiwul yang menggunakan gaplek menjadi lebih pendek waktunya. Kalau ingin mencicipi gatot, penjual jajanan tradisional biasanya menjual bersama dengan tipe jajan pasar lainnya. 


Umumnya penjaja jajanan tradisional di pasar tradisional tetap punya makanan ini. Sebungkus gatot, dapat dipadukan dengan jajan pasar lainnya harganya Rp. 5.000.






Sumber : harianfood

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger