Home » , , , , , , , , , , , » Gara-gara Sulit ke Toilet, Wanita Ini Memilih Operasi Pasang Kateter

Gara-gara Sulit ke Toilet, Wanita Ini Memilih Operasi Pasang Kateter

Written By admin on Kamis, 10 Agustus 2017 | Agustus 10, 2017


harian365.com - Marni Smyth merupakan seorang penyandang disabilitas sebab penyakit genetik spinal muscular atrophy. Manfaat saraf-saraf di tulang belakangnya terganggu mengalami kelemahan jadi Marni pun lumpuh dari pinggang ke bawah.

Sebagai individu, Marni sebenarnya tak kalah kompeten dibandingkan orang lain terbukti dari dia dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Hanya saja lingkungan yang tak lebih peduli kepada kebutuhan disabilitas telah membatasi kemandiriannya.

"Ketika pertama kali masuk universitas, saya mencoba sebisanya untuk tak terlalu tak sedikit minum. Sebab kalau telah wajib ke toilet saya wajib kembali pulang dulu," kata Marni seperti dikutip dari BBC, Rabu (9/8/2017).

"Saya memerlukan seperti kerek serta tiang supaya dapat buka pakaian serta toilet umum tak ada yang seperti itu," lanjutnya.

Seusai dua tahun berjuang, akhirnya Marni terpaksa untuk menjalani operasi memasang kateter suprapubic. Suatu  prosedur yang dengan cara medis sebenarnya tak diperlukan oleh Marni.


Kateter suprapubic sendiri merupakan selang yang dibekali katup dipasang dari kantong kemih langsung keluar tubuh lewat celah di perut. Prosedur pemasangan berisiko dapat menyebabkan infeksi serta komplikasi tetapi Marni masih memaksa demi dapat mandiri.

"Saya tak butuh lagi berusaha berdiri dari kursi untuk dapat menggunakan toilet.... Rasanya menarik, faktor ini telah merubah nasib saya seluruhnya," kata Marni.

"Saya terbukti berharap tak butuh hingga seperti ini, kalau saja fasilitasnya ada," pungkasnya.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger