Home » , , , , , , , , , » Empat Cara Menjaga Kesehatan Mental, Salah Satunya Tidur

Empat Cara Menjaga Kesehatan Mental, Salah Satunya Tidur

Written By admin on Sabtu, 12 Agustus 2017 | Agustus 12, 2017


harian365.com - Mental adalah salah satu tahap yang penting dalam tubuh. Sebab, kondisi mental yang tak sehat bisa menyebabkan tubuh stres dan akhirnya mengganggu aktivitas. 

Oleh sebab itu setiap orang wajib menjaga kesehatan mentalnya. Nah, dirangkum harianhealth dari beberapa sumber, berikut empat tutorial untuk menjaga kesehatan mental.


1. Curhat

"Curhat bisa jaga kesehatan mental. Tapi curhat yang sehat bukan ngerumpi alias ngomongin orang yang sifatnya jelek," saran Prof Dr Hardinsyah MS beberapa waktu lalu.

Dengan curhat, seseorang bisa share suka dan duka. Ini menjadikan manusia lebih sehat mental. Dari curhat, seseorang bisa memperoleh penguatan emosional, dukungan nyata baik bantuan barang alias materi, dan info pada waktu yang diperlukan, jadi sahabatnya terhindar dari rasa kesepian dan kesendirian.


2. Perbuat aktivitas fisik

Keadaan mental yang sehat berkaitan dengan kondisi kesehatan fisik yang sehat pula. Penelitian menemukan aktivitas fisik bisa menolong mengurangi kecemasan dan depresi. Umpama dengan meperbuat olahraga kardio yang tak hanya membikin tubuh sehat dengan cara fisik tetapi menjadi tutorial manjur untuk menambah kebugaran serat kesehatan mental.

Selain itu, olahraga kardio juga bisa mencegah kondisi yang berkaitan dengan kehilangan memori dampak usia. Olahraga kardio ini tergolong jogging, berlangsung kaki, bersepeda alias berenang. Beberapa waktu lalu, dr Andri SpKJ juga berbicara bahwa saat tubuh meperbuat aktivitas fisik semacam berolahraga, tubuh bakal terjadi peningkatan hormon endorfin, yaitu hormon yang bermanfaat untuk menghapus stres dan menambah perasaan bahagia.


3. Perbuat permainan otak

Selain mengasyikan, permainan otak juga bisa menjaga kesehatan mental. Pasalnya, meperbuat permainan otak sama halnya dengan melatih otak untuk berpikir dalam pola logis dan menantang manfaat kognitif. Umpama saja bermain memecahkan teka-teki yang bisa membikin otak rewire sendiri dan sel otak baru tumbuh.

Selain itu, merangsang otak dengan teka-teki silang alias sudoku bisa menolong menambah manfaat otak dan mencegah penurunan kognitif. Latihan-latihan tersebut sangat menolong dalam menambah manfaat otak kiri yang memakai logika dan detail tertentu. Kondisi ini pasti turut mempengaruhi kesehatan mental yang dimiliki seseorang.


4. Istirahat cukup

dr Andri dari RS OMNI Alam Sutera berbicara untuk menjaga kesehatan mental supaya terhindar dari stres, seseorang wajib bisa menyeimbangkan waktu, umpama waktu antara bekerja dan istrihat. Sebab tidur sebetulnya bisa menghindari seseorang dari stres. Dengan mempunyai waktu istirahat yang cukup, tubuh pun bakal terasa fit dalam meperbuat pekerjaan dan aktivitas lain.

"Segeralah istirahat apabila terbukti kondisi tubuh telah terasa lelah. Terkadang tak sedikit orang bekerja keras, tetapi sebetulnya telah lelah," jelasnya.







Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger