Dunia Ghibli yang Jadi Nyata di Jakarta

Written By admin on Rabu, 23 Agustus 2017 | Agustus 23, 2017


harian365.com - Bagi traveler penggemar film animasi Jepang pasti telah tidak asing dengan film Studio Ghibli. Hingga 17 September, traveler bisa lihat pamerannya di Jakarta.

Studio Ghibli benar-benar tidak asing bagi saya yang menggemari film-film karya Hayao Miyazaki. Pertama kali berkenalan dengan studio Ghibli merupakan saat saya melihat film Spirited Away. 

Film tersebut memenangkan apresiasi Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Paling baik serta menjadi anime pertama yang meraih apresiasi dalam kategori tersebut. 

Saya kepincut dengan film ini. Semenjak itulah saya mencari film-film studio Ghibli serta terus jatuh cinta dengan karya-karya yang dihasilkannya.

Begitu mengenal bahwa Ghibli bakal mengadakan eksibisi di Jakarta yang katanya diklaim sebagai eksibisi paling besar serta pertama kali dibangun di Asia Tenggara tentulah membikin saya sangat antusias. 

Jauh-jauh hari saya memesan tiket yang bisa dibeli dengan cara online. Lebih bahagianya lagi saat mengenal bahwa kawan saya, Wulan yang notabene merupakan penggemar Ghibli juga bakal menghadiri eksibisi di hari yang sama walau tidak janjian. Walau pernah terdengar berita kalau arena eksebisi belum sehingga 100%, kita tetap bertekad pergi ke sana.

Eksibisi Ghibli diselenggarakan pada tanggal 10 Agustus hingga 17 September 2017 bertempat di The Ritz Carlton, Pasific Place, Jakarta. Sebagai orang yang sama-sama tidak berdomisili di Jakarta, saya serta Wulan akhirnya hanya janjian naik kereta yang sama. 

Wulan pergi duluan dari Yogyakarta naik kereta Jaka Tingkir, hingga di Purwokerto baru saya ikut naik. Hingga di Jakarta pukul 03.30 WIB lanjut ke masjid Istiqlal untuk menantikan sholat subuh. 

Dari Istiqlal, lanjut ke Monas sebab eksibisinya sendiri baru buka pukul 10.00 WIB. Nyatanya kita terjebak di Monas hingga jam 13.00 WIB sebab kelamaan antre naik ke puncak Monas.

Dari Monas, akhirnya kita menuju ke tujuan sesungguhnya, argumen mutlak kita datang ke Jakarta, The World of Ghibli Exhibition. Dari pintu masuk, terkesan sepi pengunjung. Belum tidak sedikit yang tahukah alias gara-gara berita yang beredar bahwa arena eksebisi belum sehingga 100%? 

Untuk masuk arena, kita wajib menunjukkan e-ticket yang telah diunduh sebelumnya. Kemudian, tangan distempel oleh petugas.

Begitu masuk ruangan eksibisi, kita dibangun terkagum-kagum dengan karakter-karakter Ghibli yang terpampang nyata. Ukurannya juga tidak nanggung-nanggung. 

Selain itu, di arena juga tidak sedikit pemandu yang siap sedia memberi penjelasan terhadap pengunjung. Seluruh instalasi yang dibangun berdasarkan film-film karya studio Ghibli, mulai dari Castle in the Sky, Princess Mononoke, Howl's Moving Castle, Nausicaa of the Valley of the Wind, Porco Rosso, Ponyo, My Neighbor Totoro, Kiki's Delivery Services, hingga film Spirited Away. 

Lebih hebat lagi ada instalasi yang bisa bergerak semacam Baby Ohmu dari film Nausicaa of the Valley of the Wind serta si kastil bergerak dari film Howl's Moving Castle. Semua instalasi dikerjakan oleh pemuda-pemudi bangsa Indonesia. 

Satu faktor lagi yang membikin bangga bahwa instalasi kastil bergerak diklaim pihak Ghibli lebih keren daripada yang ada di Jepang serta nantinya bakal dibawa ke Jepang.
Pastinya semua instalasi itu sayang kalau dilewatkan begitu saja tanpa mengambil foto setidak sedikit-tidak sedikitnya.


Seusai puas menikmati pemandangan instalasi yang keren, bersiaplah merogoh kocek dalam-dalam di ruang merchandise. Mungkin sebab merchandise resmi dari Ghibli, harganya sukses membikin saya menelan ludah. Walau akhirnya beli juga.

Secara keseluruhan, the World of Ghibli Exhibition sukses membikin saya masuk serta bertualang di dunia Ghibli yang imajinatif. Jujur, ketidak lebihan dalam penyelenggaraan pameran tetap ada. 

Setidaknya saya memakluminya sebab untuk menyelenggarakan agenda sebesar itu tidaklah mudah. Apalagi juga tetap lebih terjangkau lah ya daripada mengunjungi Museum Ghibli di Mitaka, Jepang.

Sekedar info, selagi eksibisi berjalan juga digelar festival film Ghibli. Film-film Ghibli diputar di CGV Pasific Place. Tampaknya para fans Ghibli bakal benar-benar dimanjakan hingga pertengahan bulan September mendatang.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger