Home » , , , , , , , , , » Cerita Haru Anies Baswedan Bertemu dengan Keluarga Yamada di Jepang

Cerita Haru Anies Baswedan Bertemu dengan Keluarga Yamada di Jepang

Written By admin on Minggu, 13 Agustus 2017 | Agustus 13, 2017


harian365.com - Gubernur DKI terpilih Anies Baswedan kemarin hari lalu bertandang ke Tokyo, Jepang. Dalam peluang itu, Anies berjumpa dengan keluarga yang sempat ia tumpangi tinggal saat mengikuti program Asian Studies di Sophia University lebih dari 20 tahun lalu di Tokyo, Jepang.

Kisah tersebut disampaikan Anies melewati Instagramnya, @aniesbaswedan. Dirinya memosting sejumlah gambar-gambar bersama keluarga Yamada yang mendatanginya. Pertemuan itu diatur oleh Sasakawa Peace Foundation.

"Sebuah peristiwa yang tidak terbayangkan sebelumnya. Keluarga Yamada siang itu datang, Hiyoshiro Yamada berumur 84 tahun serta istrinya Tsuneyo Yamada 77 tahun," tulis Anies sebagai caption gambar-gambarnya yang dirinya posting kemarin hari lalu, semacam dilihat harianhot, Minggu (13/8/2017).

Pada gambar pertama, Anies memeluk Tsuneyo Yamada yang tampak sedang terisak. Di segi kiri Anies, berdiri Hiyoshiro Yamada.


"Mereka datang dengan dua cucunya: Nonno 10 tahun serta Atsuno 8 tahun yg adalah anak dari Mamiko," kata Anies.

Anies membahas Mamiko adalah putri Sulung keluarga Yamada yang telah wafat 3 tahun lalu sebab sakit kanker. Anies mengisahkan, pada tahun 1993, dirinya sempat tinggal bersama keluarga Yamada ketika mengikuti kuliah musim panas di Sophia University, Tokyo.

"Di gambar yang kedua adalah gambar saat saya tinggal di rumah keluarga Yamada, mendiang Mamiko yang duduk di paling kanan. Saat itu, Mamiko putri sulung, yang seusia serta lancar berbahasa Inggris tidak sedikit menolong," jelas Anies.


Pada gambar yang dimaksud, tampak Anies muda menggunakan kemeja batik. Dirinya bergambar bersama keluarga Yamada lengkap di suatu  ruang tamu. Anies terkesan tersenyum lebar.

"Adiknya Daijiro, putra kedua keluarga Yamada, saat ini menjadi Kepala Kantor Pos di suatu  kota kecil, kurang lebih 2 jam dari Tokyo," tuturnya.


Masih pada artikel yang sama, Anies menceritakan reuni nya dengan keluarga Yamada. Menurutnya, itu adalah pertemuan pertama mereka sejak tahun 1993.

"Sasakawa Peace Foundation telah berbaik hati, mengatur pertemuan ini. Pertemuan pertama sejak 1993, Bunda Yamada yg telah sepuh itu memeluk sambil berkaca-kaca, kedua cucunya berdiri di sampingnya, tertegun menatap perjumpaan ini," kisah Anies.


"Dia tidak henti menyeka air matanya. Mungkin ia teringat juga dengan, putrinya, bunda dari cucu2nya yang telah meninggal. Siang itu kita berbincang serta saling menceritakan kisah perjalanan keluarga kita masing-masing," tambah dia.

Keluarga Yamada pun menurut Anies membawakan beberapa gambar serta dokumen kenangan. Kedua cucu keluarga Yamada juga memberbagi hadiah untuknya.


"Kedua cucu itu, Nonno serta Atsuno, juga mengangkat bingkisan, suatu  ornamen kertas hasil karya mereka sendiri yang diberi suatu  tulisan: Paman Anies, Selamat!" tutup Anies. 





Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger