Home » , , , , , , , , , , , , , , » Botok Ikan dari Pontianak Juarai Lomba Masak Ikan Nusantara

Botok Ikan dari Pontianak Juarai Lomba Masak Ikan Nusantara

Written By admin on Sabtu, 12 Agustus 2017 | Agustus 12, 2017


harian365.com - Akhirnya 10 finalis Lomba Masak Ikan Nusantara dari 5 kota di Indonesia memperlawankan kebolehan. Tiga pemenang sukses menjuarai lomba ini. 

Indonesia sebagai salah satu negara maritim, terkenal dengan keragaman tipe ikan yang melimpah. Bakal tetapi, rendahnya konsumsi ikan di kalangan masyarakat membikin olahan ikan tidak terlalu terkenal. 

Melewati Lomba Msak Ikan Nusantara dalam peringatan HUT ke-72 kemerdekaan Indonesia, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kantor Staf Presiden, Sekertariat negara, dan Kementerian Pariwisata adakan lomba masak ikan nusantara. 


Acara Lomba Masak Ikan Nusantara ini adalah tahap dari 'Taste of Indonesia' yang berfungsi untuk mendorong warga Indonesia supaya lebih mengetahui masakan ikan sekaligus menambah konsumsi ikan . 

Kegiatan ini adalah tahap dari Gerakan Masyarakat Nasib Sehat (Germas) dan juga Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Lomba ini diikuti oleh 10 finalis yang berasal dari Gorontalo, Biak Papua, Pontianak, Batam, dan Jakarta. Sebelumnya, mereka sudah mengikuti audisi berbagai waktu lalu. 


Tiga pemenang terpilih, bakal berpeluang menyaapabilan menu olahan ikan terhadap Presiden Joko Widodo di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus nanti. Agenda Grand Final ini digelar di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan, sekaligus pembukaan festival 'Taste of Indonesia'(11/08/17). 

Tidak sedikit olahan ikan unik yang dihidangkan oleh para peserta. Dewan juri terdiri dari Vindex Tengker, salah satu chef Garuda Indonesia, bersama Vita Datau, Ketua Tim Akselerasi Pengembangan Wisata Kuliner dan Belanja Kementerian Pariwisata, dan Chef Naldi Budhyartos, editor Primarasa dan Kepala Dapur Uji Femina dan Drs. Johan Susmono (ketua Pokja III TP PKK Pusat). 

Seusai melewati sejumlah kriteria pekualitasanya akhirnya dipilih 3 pemenang. Botok Ikan Masak Putih karya Abdul Kadir, finalis asal Pontianak dipilih sebagai pemenang pertama. 


"Botok ikan masak putih ini, adalah salah satu resep inovasi tetapi rasa khasnya sangat dominan. Bumbunya sangat terasa, apalagi ada daun mengkudu yang disaapabilan dengan sangat baik, jadi menghasilkan cita rasa yang lezat dan enak tanpa aroma amis," jelas chef Vindex selaku ketua juri. 

Sementara pemenang kedua, diraih oleh finalis asal Jakarta, Ruben Jeremia dengan hidangan Gabus Pucung Sambal Pete. Olahan ikan gabus pucung adalah sajian khas Betawi yang patut dilestarikan. Pemenang ketiga, Ikan Santan Goroho karya Narti Buo, finalis asal Gorontalo. Rasanya yang manis dan sepat, memunculkan citarasa unik dari segarnya ikan yang baru diolah. 


"Tujuan agenda ini sebetulnya untuk membikin warga Indonesia lebih suka makan ikan. Sebab hampir 70% wilayah Indonesia terdiri dari laut. Semoga kedepannya, kuliner ikan bakal menjadi lebih terkenal dan dikenal luas," pungkas chef Vindex.




Sumber : harianfood


Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger