Home » , , , , , , , , » BI Panggil 11 Bank Bahas Gangguan ATM, Ini Hasilnya

BI Panggil 11 Bank Bahas Gangguan ATM, Ini Hasilnya

Written By admin on Senin, 28 Agustus 2017 | Agustus 28, 2017


harian365.com - Para bankir siang ini merapat ke Bank Indonesia (BI). Keberadaan mereka hari ini untuk mengulas tentang gangguan yang dialami Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sejumlah bank akibat gangguan satelit Telkom 1.

Para bankir yang hadir dalam peluang ini mewakili 11 bank, antara lain BNI, BRI, Bank Mandiri, serta bank lainnya yang ikut terakibat akibat gangguan satelit tersebut. Pertemuan yang dipimpin oleh Deputi Gubernur BI Sugeng serta juga dihadiri oleh Irwan Lubis, Deputi Komisioner Pengawas Perbankan III Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Pertemuan tersebut berjalan tak lebih lebih 90 menit, mulai dari pukul 14.00 WIB sampai 15.30 WIB. 


"Sebagaimana diketahui sejak Jumat lalu, sejak Jumat sore ada gangguan satelit di Telkom 1. Jadi berakibat pada sejumlah ATM perbankan saya kira ada 11 bank yang terkena akibatnya," kata Sugeng saat berbincang dengan harianhot di Gedung B BI, Jakarta Pusat, Senin (28/8/2017).


Sugeng meningkatkankan, Telkom sebagai penyedia jasa juga sudah bergerak dengan cepat dengan menerjunkan teknisinya untuk memindahkan alias repointing ke satelit Telkom lainnya, antara lain Telkom 2, Telkom 3S, serta satelit lainnya.


"Ini kan mereka tak sedikit memakai VSAT untuk dapat diarahkan dari satelit Telkom 1 ke arah kan mereka punya tak sedikit puluhan ke arah telkom 2 serta 3S serta satelit lain. Bahkan satelit di luar milik Telkom ada (punya) China serta Malaysia," tutur Sugeng.

Sugeng menegaskan bahwa perbankan juga sudah bergerak cepat dalam menanggulangi perpersoalanan ini. Sehingga, nasabah yang ingin meperbuat tarik tunai dapat beralih memakai ATM lain yang terdekat.

"Hal yang juga sangat penting perbankan juga meperbuat langkah yang cepat untuk berbagi pengumuman terhadap nasabah-nasabahnya tentang ATM-ATM yang aktif. Jadi kan ada yang mati dikasih info yang jelas ditempelin di ATM-ATM," ucap Sugeng.

"Pastinya semuanya dapat berjalan dengan keren ada kerja sama, koordinasi baik BI, OJK demikian perbankan, kemudian Telkom. Kita bersatu padu. Ada Kominfo juga hadir memberbagi solusi ke depan," tambah Sugeng. 




Sumber : harianhot

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger