Bangka Tak Pernah Habis Keindahannya

Written By admin on Minggu, 20 Agustus 2017 | Agustus 20, 2017


harian365.com - Seusai bekerja berhari-hari, saatnya liburan kala akhir pekan tiba. Kalau mau santai di pantai, datang saja ke Pulau Bangka yang punya tidak sedikit opsi pantai.

Bila hendak berlibur ke pantai, Pulau Bangka merupakan salah satu destinasi yang dapat disambangi. Alasannya sederhana, karena di pulau yang berada dalam satu provinsi dengan Pulau Belitung ini tidak sedikit pantai-pantai cantik yang tetap alami, lengkap dengan keunikan yang dimiliki.

Salah satu pantai yang dapat didatangi di sana merupakan Pantai Gusung. Tidak hanya cantik, pantai ini termasuk unik dibandingkan dengan pantai-pantai lain yang ada di Pulau Bangka. Apakah keunikan itu?

Hari itu, Pak Ibrahim, dosen yang saat ini menjadi salah seorang rekan kerja di Universitas Bangka Belitung itu, berencana ingin mendatangi suatu  desa yang ada di salah satu aspek tenggara Pulau Bangka.

Di desa itu kelak, kami berencana bakal menjaring ikan di tepi suatu  pantai layaknya nelayan handal, seraya menikmati keindahan pantai yang ada di sana. Segala faktor pun telah kami disiapkan dengan matang, tidak terkecuali sejumlah makanan yang bakal kami santap ramai-ramai di tepi pantai. Sejumlah teman yang punya sedikit kepandaian dalam menjaring ikan pun tidak lupa diajak dan.

Seiring dengan mulai berkembangnya sektor pariwisata, belakangan ini terbukti bermunculan pantai-pantai baru di Pulau Bangka, lebih cocoknya baru dibuka sebagai destinasi wisata. Sejak lama, pantai-pantai itu terbukti menjadi tujuan warga setempat kala mengisi waktu luang, termasuk saat musim liburan tiba.

Hanya saja, kala itu belum mendapat perhatian lebih dari pemerintah daerah setempat dengan membangun sejumlah fasilitas, umpama gazebo sebagai tempat berteduh warga yang datang.

"Jam 7 pagi berjumpa di rumah, kami langsung berangkat," begitu kira-kira pesan dari Pak Ibrahim yang saya terima.

Seusai pernah berbagai kali singgah, tibalah kami di Pantai Gusung. Pantai Gusung terletak di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.


Sebagaimana namanya, pantai ini berbentuk gusung, yang oleh masyarakat Pulau Bangka diartikan sebagai daratan berupa pasir yang menjorok alias berada di tengah-tengah laut. Menurut saya, inilah ciri khas Pantai Gusung yang belum saya temui di pantai-pantai lain yang ada di Pulau Bangka.

Jika dibandingkan dengan pantai-pantai di Pulau Bangka pada lazimnya, Pantai Gusung terbukti sedikit agak tidak sama, umpama tidak didominasi oleh batu-batu granit raksasa.

Hal yang unik di pantai ini merupakan pemandangan pantai yang terbagi menjadi dua sisi, yakni segi yang menghadap laut lepas dan segi yang membentuk suatu  teluk kecil dengan pohon-pohon mangrove yang menghijau. Ya, Pantai Gusung dapat dijadikan sebagai salah satu opsi bila hendak berlibur ke Pulau Bangka.




Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger