Bangga! Naga Purba Cuma Ada di Indonesia

Written By admin on Sabtu, 19 Agustus 2017 | Agustus 19, 2017


harian365.com - Naga purba atau komodo habitat aslinya di Indonesia. Komodo dikenal di dunia mancanegara dan hebat tidak sedikit turis datang berkunjung ke habitat aslinya di NTT.

Komodo adalah spesies kadal paling besar di dunia yang habitat aslinya di Indonesia, semacam Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang masuk kawasan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Maggarai, NTT. Panjang seekor komodo ini dapat mencapai 2-3 meter dan berat 70 kg.

Menontonnya langsung di alam leluasa pun pastinya menjadi pengalaman liburan tidak terlupa. Traveler terbukti dapat menonton komodo di sejumlah kebun binatang. Tetapi pastinya beda dengan sensasi menonton langsung naga purba ini di habitat aslinya. Umpama saja di Pulau Komodo, semacam saat hariantravel berkunjung ke sana berbagai waktu silam.

Traveler dapat menonton langsung bentuk tubuhnya yang memanjang dan mempunyai ekor. Komodo ini fauna karnivora yang memakan daging bangkai. Kukunya tajam, biasa dipakai untuk bertarung.


Selain itu komodo juga punya senjata lainnya untuk meringkus mangsa. Khususnya air liur yang mengandung 60 bakteri mematikan. Mangsa yang diserang dan terkena air liurnya bakal lemas tidak berdaya dalam hitungan hari.

Saat itu barulah komodo memakannya. Sehingga komodo tidak menyerang dan langsung memakan mangsa, melainkan menanti mangsanya lemah tidak berdaya. Komodo juga dapat lari dengan cepat, mempunyai performa berenang sampai 300 meter dan sanggup mencium darah sampai radius 7 km.

Bisa dibilang komodo pantas masuk daftar fauna berbahaya di dunia. Untuk komodo yang tinggal di Pulau Komodo umumnya berkapasitas lebih besar dari yang di Pulau Padar. Kalau ingin berkunjung ke Pulau Komodo dan berjumpa langsung dengan naga purba itu, traveler dapat memilih untuk trekking.


Di Pulau Komodo sudah disediakan kawasan khusus untuk trekking dengan 4 jenis yakni Short Trek, Medium Trek, Long Trek dan Adventure Trek. Jarak yang ditempuh untuk Short Trek sejauh 1 km, Medium Trek 1,5 km, Long Trek 2 km dan Adventure Trek 7-8 km.

Dalam Short Trek, hanya tersedia berbagai tanjakan. Di Medium Trek, tersedia tiga perbukitan kecil. Di Long Trek, lebih tidak sedikit perbukitan dan lebih menantang. Sedangkan pada Adventure Trek, lebih masuk ke dalam hutan, melalui hutan bambu sampai jalur yang lebih ekstrem.


Untuk berjumpa komodo sebaiknya pilih Medium Trek atau Adventure Trek. Kelak kalian dapat bergambar dengan komodo yang ditemui, tapi pastinya dari jarak aman dan bersama ranger. Selagi trekking ranger bakal rutin menemani traveler.

Traveler dilarang untuk berlangsung sendiri, membikin gaduh dan bergerak dengan cara tiba-tiba. Semua ini demi keamanan wisatawan. Pastinya kalau mengikuti peraturan, semua bakalan aman terjaga.






Sumber : hariantravel

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger