Home » , , , , , , , , , » Bahayakah Wanita Lakukan Latihan Beban Berat?

Bahayakah Wanita Lakukan Latihan Beban Berat?

Written By admin on Kamis, 03 Agustus 2017 | Agustus 03, 2017


harian365.com - Di zaman modern semacam ini, tak sedikit ditemui wanita dengan bentuk tubuh yang kekar alias mereka tak jarang disebut para body builder. Mereka meperbuat latihan berat untuk mengencangkan tahap-bagian tubuhnya.

Berbahayakah wanita yang meperbuat latihan dengan beban yang berat? Menurut dokter spesialis kedokteran olahraga dari RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO, dilihat dari segi kesehatan terbukti mempunyai risiko.

"Pertumbuhan otot-ototnya bisa melampaui batas-batas yang wajar," ujarnya ketika dihubungi harianhealth baru-baru ini.

Menurut dr Michael tak selamanya olahraga dengan beban berat itu bisa membikin tubuh menjadi lebih sehat. "Terus berat serta lama olahraganya, maka risikonya juga terus besar," imbuhnya.

Jika terbukti mempunyai tujuan untuk mengencangkan tubuh, wanita tak persoalan untuk meperbuat olahraga dengan beban berat. Namun tipe serta intensitasnya wajib disesuikan dengan performa serta diperbuat dengan cara bertahap.

Menurut dr Michael tak ada perbedaan olahraga bagi pria serta wanita. Tapi untuk memperoleh bentuk tubuh kekar pada wanita tak secepat pada pria sebab hormonnya tak sama.

dr A. Andi Kurniawan SpKO dari Indonesia Sports Medicine Centre juga berbicara bahwa latihan beban juga mempunyai kegunaaan utnuk menambah metabolisme tubuh.


Selain itu, suatu  penelitian yang diperbuat di suatu  universitas di Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa latihan beban bisa mengurangi risiko patah tulang dampak osteoporosis pada wanita berumur 50-70 tahun yang sudah mengalami menopause.

"Dengan latihan beban yang proporsional, tulang bakal memperoleh tekanan mekanik yang bakal merangsang tulang untuk menambah kepadatannya, jadi mencegah pengeroposan tulang alias yang biasa disebut osteoporosis," terang dr Andi.




Sumber : harianhealth

Share this article :
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Harian365 - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger